UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI PADA SISWA KELAS X JURUSAN TBSM SMK KOSGORO 1 SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2023/2024.

  • Dwi Nur Cahyono Universitas Tunas Pembangunan Surakarata (UTP)
  • Suci Prasasti Universitas Tunas Pembangunan Surakarata (UTP)
  • Erik Teguh Prakoso Universitas Tunas Pembangunan Surakarata (UTP)
Keywords: Kata Kunci: Layanan Konseling Kelompok, Teknik Diskusi Kelompok, Kecerdasan Emosional.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan emosional melalui bimbingan kelompok dengan teknik diskusi pada siswa diskusi pada siswa kelas X Jurusan TBSM SMK KOSGORO Sragen Tahun Pelajaran 2023/2024.  Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK KOSGORO 1 SRAGEN. Jumlah sampel adalah 10 siswa. Sampel diambil dengan teknik action research. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data variabel x dan y  adalah angket. Penelitian ini menggunakan Model Penelitian Tindakan (action research. Subjek dalam  penelitian ini adalah siswa Kelas X SMK KOSGORO 1 SRAGEN. Teknik pengumpulan data menggunakan quesioner. Deskripsi hasil penelitian yang diperoleh dari pengumpulan data dengan instrumen penelitian skala likert. Dari hasil analisis SPSS dapat dilihat bahwa nilai sig shapiro-wilk pada pretest adalah senilai 0,200 dan pada posttest senilai 0,200 karena keduanya bernilai lebih dari 0,05 maka pretest dan posttest data terdistribusi normal. Berdasarkan tabel output paired sample test di atas diketahui nilai sig (2-tailed) adalah sebesar 0,025 karena nilai kurang dari 0,000 maka H0 ditolah dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dapat meningkatkan kecerdasan emosi pada siswa kelas diskusi pada siswa kelas X Jurusan TBSM SMK KOSGORO Sragen Tahun Pelajaran 2023/2024. Berdasarkan kesimpulan disarankan pada guru pembimbing sangatlah penting dalam memeberikan layanan konseling kelompok dengan teknik asertif ehingga siswa akan lebih mudah mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya untuk meningkatkan prestasi dalam bidang akademik maupun non akademik. Konselor sekolah diharapkan mampu menggunakan teknik yang sesuai dengan permasalahan dan tidak menutup kemungkinan untuk menggabungkan teknik yang digunakan dengan teknik yang lain sebagai teknik pendukung.

Published
2024-08-19