PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP MINAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN PJOK DI SD NEGERI CELEP 5 SRAGEN

  • Ronny Suryo Narbito Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
  • Risa AgusTeguh W Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
  • jasmani Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
  • Iwan Arya Kusuma Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
  • Vikri Aditya Pratama Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)

Abstrak

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif terhadap minat siswa pada mata siswa dalam pembelajaran pjok kelas 5 di SD Negeri Celep 5 Sragen Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SD di Negeri Celep 5 Sragen. Sampel pada penelitian ini berjumlah 25 siswa kelas V Di Sekolah Dasar Negeri Celep 5 Sragen, Teknik pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan purposive sampling yaitu penentuan kelas didasarkan pada pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan angket atau kuesioner. Dan analisis data menggunakan Uji Hipotesis menggunakan SPSS versi 23. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan serta setelah melalui rangkaianprosesanalisisdatadapatdisimpulkanbahwapenerapanmedia pembelajaran interaktifberpengaruh terhadap minat belajar siswa kelas 5 di SD Negeri Celep Sragen. Berdasarkan hasil uji hipotesis nilai Mean Paired Differences pada Pair 1 (post test dan Pre test) adalah 28,920. Nilai ini menunjukkan selisih antara belajar Pre test dan post test dan selisih perbedaan tersebut antara 25,531 sampai 32,309. Selisih perbedaan tersebut dapat dilihat pada kolom 95% confidence interval of the difference lower dan upper. Berdasarkan hasil analisis data dari perhitungan uji-t didapati nilai Signifikansi 0,000 < 0,05. Maka dapat dikatakan Ha diterima. Hal ini berarti penerapan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran PJOKefektif terhadap minat belajar peserta didik pada pelajaran PJOK kelas 5 di SD Negeri Celep 5 Sragen.

Diterbitkan
2025-08-08