PERENCANAAN ASESMEN FORMATIF PEMBELAJARAN NUMERASI PADA TRANSISI PAUD-SD DI SEKOLAH DASAR

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan asesmen formatif pembelajaran numerasi pada transisi PAUD SD. Ini adalah penelitian deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan perencanaan asesmen formatif pembelajaran numerasi pada transisi PAUD SD. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi dan studi dokumen. Tahapan analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi kesimpulan. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Analisis kebutuhan murid diketahui dengan identifikasi kompetensi dan karakteristik murid dengan asesmen formatif sehingga memungkinkan guru mendesain atau merencanakan pembelajaran diferensiasi sesuai dengan kebutuhan atau kemampuan siswa (TaRL). 2) Bentuk asesmen yang diterapkan di sekolah yang diteliti menggunakan adaptasi Pratham dengan dua bentuk asesmen numerasi sederhana, yaitu pengenalan bilangan dan operasi bilangan. Asesmen awal, tingkat 1 terdiri atas mengenal bilangan dan operasi 1 digit. Mengenal bilangan dilakukan dengan menunjuk dan menyebutkan bilangan 1 sampai dengan 10 dan operasi penjumlahan bilangan di bawah 10. Pada tingkat 2, siswa menunjuk dan menyebutkan bilangan dua angka, terdiri dari puluhan dan satuan, dan operasi penjumlahan 2 digit. Tingkat 3, siswa menunjuk dan menyebutkan bilangan tiga angka, yang terdiri dari ratusan, puluhan dan satuan dan operasi perkalian bilangan 2 digit dengan 1 digit. 3) Guru yang diteliti memetakan jadwal, lokasi dan waktu pelaksanaan asesmen. Jadwal yang direncanakan yaitu 16 Mei 2023 berlokasi di ruang kelas 1 pukul 07.30-08.30. 4) Instrumen asesmen pembelajaran numerasi meliputi tujuan asesmen, materi atau bahan ajar, lembar soal, dan lembar asesmen.

References

Hamdi, S., Triatna, C., & Nurdin. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pedagogik. SAP: Susunan Artikel Pendidikan, 7(1), 10-17.

Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5 (2), p. 130-138.

Muhafid, E.A. & Retnawati, H. (2022). Persiapan Guru SD untuk Menerapkan Kurikulum Merdeka tahun 2022: Sebuah Studi Fenomenologi. Cermin: Jurnal Penelitian, 6 (2), 637-662.

Mujiburrahman, Kartiani, B.S., & Parhanuddin, L. (2023). Asesmen Pembelajaran Sekolah Dasar dalam Kurikulum Merdeka. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 39-48.

Mulyana, W. (2022). Kajian Asesmen dalam Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Biologi. Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Nurmali’ah, H. (2023). Asesmen Pembelajaran Kurikulum Merdeka dengan Model Stake pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI di SMAN 1 Wonosari Kabupaten Gunung Kidul. Master Thesis. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Ramadhani, D.P., Nurhaliza, P., Mufit, F., & Festiyed. (2021). Analisis Penerapan Asesmen Formatif dalam Pembelajaran IPA dan Fisika: Literature Review. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, Vol. 11(2), 110-120. https://jurnallensa.web.id/index.php/lensa/article/download/172/95/.

Sudhirta, I.G. (2022). Asesmen Pembelajaran Paradigma Baru di Era Merdeka Belajar. Orasi Ilmiah. Fakultas Teknik dan Kejuruan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Published
2023-07-21