PENGARUH MEDIA SOSIAL TIK TOK TERHADAP PERILAKU SISWA KELAS TINGGI SD NEGERI 03 BANJARHARJO KEBAKKRAMAT KARANGANYAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Apakah yang dimaksud dengan media sosial tik tok, (2) Bagaimana perilaku siswa kelas tinggi di SD Negeri 03 Banjarharjo Kebakkramat Karanganyar, (3) Apakah ada pengaruh media sosial tik tok terhadap perilaku siswa kelas tinggi SD Negeri 03 Banjarharjo Kebakkramat Karanganyar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 68 siswa yang ditentukan menggunakan teknik simple random sampling. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu media sosial tik tok, sedangkan variabel dependennya yaitu perilaku siswa. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi, dan menggunakan angket/ kuesioner. Uji prasyarat terdiri dari uji normalitas dan uji linieritas. Setelah data normal dan linier kemudian dilanjutkan dengan analisis akhir. Analisis data penelitian menggunakan regresi linier sederhana, koefisien determinasi dan uji T. Berdasarkan hasil analisis pada penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara media sosial tik tok terhadap perilaku siswa kelas tinggi dengan hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel (15,804 > 2,024), maka Ha diterima dan HO ditolak. (2) Persentase sumbangan pengaruh media sosial tik tok terhadap perilaku siswa kelas tinggi yaitu sebesar 86,8%. Hal ini menunjukkan bahwa 86,8% perilaku siswa kelas tinggi dipengaruhi oleh media sosial tik tok, sedangkan 13,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
References
Adisaputra, F., Budyartati, S., & HS, A. K. (2020). Hubungan Penggunaan Aplikasi Tik Tok Dengan Degradasi
Karakter Siswa SD. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 1-11.
Aji, W.N. (2018). Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Pertemuan Ilmiah
Bahasa dan Sastra Indonesia, 432- 437.
Amaruddin, H., Atmaja, H. T., & Khafid, M. (2020). Peran Keluarga Dan Media Sosial Dalam Pembentukan Karakter
Santun Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(1).
A.Wawan, & M., Dewi. (2010). Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. Yogyakarta:
Nuha Medika.
Buana, Tri, dan Dwi Maharani. 2022. Penggunaan Aplikasi Tik Tok (Versi Terbaru) Dan Kreativitas Anak. Jurnal
Inovasi, 16(2), 34–44
Deriyanto, D., & Qorib, F. (2019). Persepsi Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang terhadap
Penggunaan Aplikasi Tik Tok. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 7(2).
Djamarah, S. B. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Rineka Cipta
Fauziah, E.F. 2013. Pengaruh Game online Terhadap Perubahan Perilaku Anak SMP Negeri 1 Samboja. Jurnal lmu
Komunikasi
Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2021). Perilaku Generasi Z Terhadap Penggunaan Media Sosial Tiktok: TikTok
Sebagai Media Edukasi dan Aktivisme. Social Work Journal, 10(2), 199-208.
Meilani, L., Bastulbar, B., & Pratiwi, W. D. (2021). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Aspek Kognitif,
Afektif, dan Psikomotor Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra
Indonesia Undiksha, 11(3).
Notoatmodjo, S. 2014. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Safitri, A. A., Rahmadhany, A., & Irwansyah, I. (2021). Penerapan Teori Penetrasi Sosial pada Media Sosial:
Pengaruh Pengungkapan Jati Diri melalui TikTok terhadap Penilaian Sosial. Jurnal Teknologi Dan Sistem
Informasi Bisnis-JTEKSIS, 3(1), 1-9.
Sari, A. C., Hartina, R., Awalia, R., Irianti, H., & Ainun, N. (2018). Komunikasi dan media sosial. Jurnal The
Messenger, 3(2), 69