PENGARUH MEDIA SOSIAL TIK TOK TERHADAP PERILAKU SISWA KELAS TINGGI SD NEGERI 03 BANJARHARJO KEBAKKRAMAT KARANGANYAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) apakah yang dimaksud dengan media sosial tik tok, (2) bagaimana perilaku siswa kelas tinggi di SD Negeri 03 Banjarharjo Kebakkramat Karanganyar, (3) apakah ada pengaruh media sosial tik tok terhadap perilaku siswa kelas tinggi SD Negeri 03 Banjarharjo Kebakkramat Karanganyar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 68 siswa yang ditentukan menggunakan teknik simple random sampling. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu media sosial tik tok, sedangkan variabel dependennya yaitu perilaku siswa. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi, dan menggunakan angket/kuesioner. Uji prasyarat terdiri dari uji normalitas dan uji linieritas. Setelah data normal dan linier kemudian dilanjutkan dengan analisis akhir. Analisis data penelitian menggunakan regresi linier sederhana, koefisien determinasi dan uji T.
Berdasarkan hasil analisis pada penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan antara media sosial tik tok terhadap perilaku siswa kelas tinggi dengan hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel (15,804 > 2,024), maka Ha diterima dan HO ditolak. (2) Persentase sumbangan pengaruh media sosial tik tok terhadap perilaku siswa kelas tinggi yaitu sebesar 86,8%. Hal ini menunjukkan bahwa 86,8% perilaku siswa kelas tinggi dipengaruhi oleh media sosial tik tok, sedangkan 13,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Media Sosial Tik Tok, Perilaku Siswa Kelas Tinggi