IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BCCT (BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIMES) DI KELAS I SEKOLAH DASAR PADA MASA TRANSISI PAUD-SD
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran dengan model BCCT pada masa transisi PAUD-SD. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif untuk secara logis dan sistematis menggambarkan implementasi model pembelajaran sentra atau BCCT di kelas 1. Setting penelitian dilakukan di SD di Surakarta pada bulan Mei sampai dengan Juni 2024 yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran dengan model BCCT. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi dan studi dokumen. Data dianalisis dengan tahapan data reduction, data display, conclusion drawing dan verifikasi. Teknik triangulasi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pada perencanaan pembelajaran, guru menyusun modul ajar, mempersiapkan materi atau bahan ajar, mempersiapkan sentra balok, menyusun lembar kerja siswa dan rencana evaluasinya. 2) Kegiatan pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan pembukaan antara lain berdoa, salam pembuka, warmer, pre-teaching, ice-breaking tepuk, dan pengenalan materi secara singkat. Kegiatan pembelajaran berlangsung dengan kelompok yang bermain balok yang disusun menjadi bangunan atau mengamati bentuk bangun datar tersebut. Guru memfasilitasi siswa dengan menjelaskan nama bangun datar yang ada di sentra balok. 3) Evaluasi pembelajaran menunjukkan kelebihan dalam implementasi model pembelajaran BCCT di kelas 1 adalah siswa antusias dalam belajar, siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan bermain, bergerak dan merespon baik instruksi yang diberikan oleh guru, lebih memahami materi bentuk bangun datar, dan hasil belajar siswa juga baik. Kelemahannya adalah dalam perencanaan guru perlu usaha lebih. Artinya, guru perlu lebih banyak waktu untuk mempersiapkan segala sesuatu untuk mendukung proses pembelajaran terutama dalam penyiapan sentra.
References
Anggraini, E. S. (2020). Penanaman nilai karakter anak usia dini pada model pembelajaran BCCT (beyond centers and circle time) di TK Pembina Sukaramai, Kecamatan Kerajaan, Kabupaten Pakpak Baharat. Jurnal Usia Dini, 6(2), 20-27.
Fitri, AN., Hutasout, CS., & Afifah, S. (2022). Mengenal Model PAUD Beyond Centre and Circle Time (BCCT) Untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal AUDHI, 4(2), 72-78. https://jurnal.uai.ac.id.index.php/AUDHI.
Iswantiningtyas, V. & Wulansari, W. (2019). Penanaman Pendidikan Karakter pada Model Pembelajaran BCCT (Beyond Centre and Circle Time). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 110-116. DOI: 10.31004/obsesi.v3i1.106.
Kusumandari, R. B., & Istyarini, K. (2015). Character Education Development Model-based E- Learning and Multiple Intelligence in Childhood in Central Java, 15(3). Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/328852343_Character_Education _Development_ Model-based_E-Learning_and_Multiple_Intelegency_ in_Childhood_in_Central_Java.
Ridlosarihasih, D. (2014). BCCT. Diakses dari https://memopeace.wordpress.com/2014/10/27/20/.
Samad, F., & Alhadad, B. (2016). Implementasi Metode Beyond Center and Circle Time (BCCT) dalam Upaya Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Khalifah Kota Ternate. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 233– 254. https://doi.org/https://doi.org/10.2100 9/JPUD.102.03.
Saputri, E. E. (2019). Implementasi model pembelajaran sentra untuk meningkatkan kemandirian anak usia dini di KB Merak Ponorogo. (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).