HUBUNGAN MINAT BACA DAN KEBIASAAN MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI CERPEN SISWA KELAS IV SD NEGERI SAMBIREMBE 2 SRAGEN

  • Dliyaan Nur Hidayah Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Ninda Beny Asfuri Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Rika Yuni Ambarsari Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui hubungan antara minat baca dengan kemampuan mengidentifikasi cerpen siswa kelas IV SD Negeri Sambirembe 2 Sragen tahun pelajaran 2022/2023. (2) Untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan membaca dengan kemampuan mengidentifikasi cerpen. (3) Untuk mengetahui hubungan antara minat baca dan kebiasaan membaca dengan kemampuan Mengidentifikasi cerpen siswa kelas IV SD Negeri Sambirembe 2 Sragen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional dan ex-post facto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 9 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik korelasi product moment dan analisis korelasi ganda dengan menggunakan variabel minat baca (X1), Kebiasaan Membaca (X2) sebagai predictor dan variabel terikat adalah Kemampuan Mengidentifikasi cerpen (Y). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat hubungan yang positif dan tidak signifikan antara minat baca dengan kemampuan mengidentifikasi cerpen, dimana rhitung sebesar 0,377, sedangkan rtabel dengan N=9 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,666, jadi rhitung lebih kecil dari rtabel (0,377 < 0,666). (2) Terdapat hubungan yang positif dan tidak signifikan antara kebiasaan membaca dengan kemampuan membaca, dimana rhitung sebesar 0,168, sedangkan rtabel dengan N=9 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,666, jadi rhitung lebih kecil dari rtabel (0,168 < 0,666). (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat baca dan kebiasaan membaca dengan kemampuan mengidentifikasi cerpen, dimana Fhitung sebesar 0,510, sedangkan Ftabel dengan N=9 pada taraf signifikansi 5% sebesar 4,26, jadi Fhitung lebih besar dari Ftabel (0,510 > 4,26).

References

Aisyah, A., Jaenudin, R., & Koryati, D. (2018). Analisis faktor penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 15 Palembang. Jurnal Profit: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 4(1), 1-11.

Amir, M. F. (2015). Pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (pp. 34-42).

Helmi Nugraha, A. (2018). Analisi Unsur Intrinsik Cerpen di Koran Jawa Pos Edisi 4 Februari-25 Maret 2018 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Jember).

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). Hidayatul Quran.

Kristiani, M. (2019). Hubungan Kebiasaan Belajar Dengan Prestasi Belajar di Kelas V SD Swasta RK. FR. Xaverius Namo Rambe TA 2018/2019 (Doctoral dissertation, Universitas Quality).

Nasional, I. D. P. (2003). Undang-undang republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Nuridayu, N., Elfitra, L., & Pujiastuti, I. (2021). Minat Baca Siswa Kelas IX SMA Negeri 2 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2020/2021. Student Online Journal (SOJ) UMRAH-Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 115-119.

Purnama, U. B., Mulyoto, M., & Ardianto, D. T. (2015). Penggunaan Media Komik Digital Dan Gambar Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar IPA Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. Teknodika, 13(2).

Putri, W. (2019). Profil Minat Baca Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA YLPI Pekanbaru Tahun Ajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Sobirin, M. S. (2022). Analisis Nilai-nilai Kehidupan Dalam Kumpulan Cerpen Corat-coret di Toilet Karya Eka Kurniawan dengan Pendekatan Pragmatik Sebagai Alternatif Bahan Ajar Kelas XI SMA (Penelitian Deskriptif Analitik) (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).

Syaparani, S. (2019). Penerapan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa SMP Negeri 6 Meliau. Jurnal Edukasi Khatulistiwa: Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 48-55.

Zulfa, N. I., Heryaniningsih, S. M., Putra, M. R., & Putri, M. K. (2018). Pengaruh teman sebaya terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa sma. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, and Research, 2(02), 69-74.

Published
2024-07-25