PENERAPAN METODE QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGARANG PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BOROREJO SURAKARTA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana penerapan metode Quantum Learning dapat meningkatkan kinerja guru, aktivitas dan hasil kemampuan mengarang siswa pada siswa kelas V SD Negeri Bororejo Surakarta. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitiannya siswa kelas V SD Negeri Bororejo Surakarta yang berjumlah 23 siswa. Penelitian terdiri dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obsevasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan rata-rata kinerja guru pada pra siklus yaitu 48,33 % kriteria cukup, meningkat di siklus I sebesar 70 % kriteria baik dan pada siklus II terjadi peningkatan kembali menjadi 85 %dengan kriteria sangat baik. Hasil aktivitas siswa pada pra siklus 39,71 % kriteria cukup, meningkat pada siklus I menjadi 61,76 % kriteria baik, dan siklus II mengalami peningkatan kembali menjadi 83,82 % dengan kriteria sangat baik. Kemampuan mengarang siswa meningkat pada aspek isi, organisasi isi, tata bahasa, kosakata dan aspek ejaan. Pada pra siklus diperoleh jumlah 1358 dengan rata-rata 59.04. Pada Siklus I diperoleh jumlah 1633 dengan rata-rata 71,00, dan meningkat kembali pada siklus II didapatkan hasil total 1894 dengan rata-rata menjadi 82,35. Hal ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan metode Quantum Learning pembelajaran Bahasa Indonesia materi mengarang yang berdampak pada peningkatan kemampuan mengarang siswa kelas V SD Negeri Bororejo Surakarta.
References
Aditama, Wiranda, dkk. (2022). Implementasi Quantum Learning Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Journal of Science and Education Research. 1(1), 38-42.
Arikunto, S., Supardi, & Suhardjono. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Budi. (2015). Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Siswa Kelas IV SDN Mire Melalui Penggunaan Media Gambar Berseri. Jurnal Kreatif Tadulako. 5(2), 1-10.
Darmuki, A. & Hidayati, N.A. (2019). Peningkatan Kemampuan Pidato Menggunakan Metode Kooperatif Tipe NHT pada Mahasiswa Tingkat I-A Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. Jurnal Pendidikan Edutama. 6(2), 9-18.
Darmuki, A., dan Ahmad Hariyadi. (2019). Peningkatan Keterampilan Pidato Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw pada Mahasiswa PBSI Tingkat IB IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. Kredo. 2(2), 256-267
Daswati. (2022). Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Metode Quantum Learning Pada Siswa Kelas V UPT SDN 19 Paninjauan. EJPP (Ekasakti Jurnal Penelitian dan Pengabdian). 2(2). 135-149.
Djuanda,D. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Komunikatif dan Menyenangkan. Jakarta: Depdiknas.
Fahrurrozi. (2007). Peningkatan Kemampuan Menulis Melalui Metode Quantum Learning di Sekolah Dasar. Perspektif Ilmu Pendidikan. Vol. 16 Tahun VIII. Hlm 32-40.
Hariyadi, Ahmad. 2018. User Of Smart Ladder Snanke Media to Improve Stundent Learning Outcomes Of IV Grade Students of State Elementary School I Doropayung Pancur Rembang. Refleksi Edukatika. 9(1), 107-111.
Hidayati, N. A., & Darmuki, A., Hariyadi, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Menggunakan Media Video Faststone di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 389-397.
Sarwiji, Suwandi. (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Yuma Pustaka.
Tarigan, H., G. (2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Trisnoningsih. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplonasi menggunakan Metode Quantum Learning Berbantuan Gambar Berseri. Jurnal Educatio. 7 (3), 863-871.
Ubadudin. (2019). Hakikat Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Journal Edukatif IAIS Sambas. 5(1), 18-27.
Undang-undang No. 20. (2003). Undang-undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diakses pada 25 September 2023, dari https://peraturan.bpk.go.id/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003