ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT DALAM PENANAMAN BUDAYA MEMBACA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 1 MURUH KABUPATEN KLATEN

  • Hana Mutia Rohmi Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Luncana Faridhoh Sasmito Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Harbono Harbono Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mendeskripsikan faktor penghambat dalam penanaman budaya membaca siswa Kelas IV SD Negeri 1 Muruh, (2) untuk mendeskripsikan upaya yang telah dilakukan guru untuk menanamkan budaya membaca kepada siswa Kelas IV SD Negeri 1 Muruh, (3) untuk mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi guru pada saat proses penanaman budaya membaca terhadap siswa Kelas IV SD Negeri 1 Muruh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua sumber data, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer peneliti peroleh dari pengamatan atau observasi selama pelaksanaan penelitian dan wawancara terhadap siswa dan guru yang bersangkutan dengan Analisis Faktor Penghambat Dalam Penanaman Budaya Membaca. Data sekunder peneliti peroleh dari dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif, analisis hasil wawancara, analisis hasil observasi dan analisis hasil dokumentasi. Hasil Penelitian menyatakan bahwa faktor penghambat dalam penanaman budaya membaca disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal yang dapat diuraikan sebagai berikut : faktor internal : (1) rendahnya minat baca siswa (2) rasa malas siswa yang tinggi. Sedangkan faktor eksternal : (1) peran orang tua (2) perasn guru (3) dukungan sarana dan prasarana sekolah (4) kurangnya motivasi (5) Kebiasaan Bermain Game Online.

References

Azis, M., & Adila, N. S. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Membaca dan Menulis Permulaan PAUD Di Kelompok Bermain Fun Islamic School. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 100-110

Bakar AR, S. A., Izzudin, I., & Wadin, W. (2014). Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Minat Baca Masyarakat di Taman Baca Masyarakat (Studi Kasus di Taman Baca Masyarakat Cinta Baca, Kelurahan Lempuing, Kecamatan Ratu Agung, Kota Bengkulu. (Doctoral dissertation, Universitas Bengkulu).

Habibah, R. (2018). Program Dampak Sustained Silent Reading Pada Minat Baca Mahasiswa Universitas Negeri Di Surabaya. (Disertasi Doktor,Universitas Airlangga)

Hasanah, S., & Muzaffar, A. (2022). Minat Siswa Kelas IX Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMPN 11 Muaro Jambi. Jurnal Ilmu Keolahragaan dan Pembinaan Indonesia , 4 (1), 100-109

Kartika, M., Ismaya, EA & Ahsin, MN. (2021). Analisis Pembelajaran Daring di SD 2 Tenggeles Mejobo Kudus Pada Masa Pandemi Covid-19. Kuliah: Jurnal Pendidikan, 12 (1), 41-56

Kurniawan, W., & Sutopo, A. (2021). Implementasi Pojok Baca Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa MI Muhammadiyah Kartasura. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (1), 37-42

Maharani, O. D. (2017). Minat Baca Anak-Anak Di Kampoeng Baca Kabupaten Jember. Jurnal review pendidikan dasar: jurnal kajian pendidikan dan hasil penelitian, 3(1), 320-328.

Meo, A., Wau, MP, & Lawe, YU (2021). Analisis Belajar Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SD1 Bobawa Kecamatan Golewa Selatan Kabupaten Ngada. Jurnal Citra Pendidikan , 1 (2), 277-287.

Muhtadien, Sabilal, & Ika Krismayati. (2019). Faktor Faktor Penyebab Rendahnya Minat Kunjung Siswa Ke Perpustakaan. Jurnal Korespondensi. Vol 1 (2).

Nugroho, AH, Puspitasari, R., & Puspitasari, E. (2016). Implementasi Gemar Membaca Melalui Program Pojok Baca Dalam Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas VII di SMPN 2 Sumber. Jurnal Edueksos , 5 (2), 187-206

Pramesti, F. (2018). Analisis-Faktor Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar , 2 (3), 283-289)

Putri, R., Susilawati, W. O., & Sukron, M. (2021). Analisis Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Penanaman Budaya Membaca di SD Negeri 104/II Sungai Pinang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 109-112.

Putri, W. N. (2017). Pengembangan Program Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Tunagrahita Ringan di SLB Nurvita. (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Putri, Rilsa, Dkk. (2021). Analisis Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat di SD Negeri 104/II Sungai Pinang. Jurnal INNOVATE: 1 (2).

Sakinatun, U. U. (2014). Bimbingan belajar untuk siswa berkesulitan belajar membaca di SD Negeri Gembongan Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo. Bimbingan Belajar Untuk Siswa Berkesulitan Belajar Membaca Di SD Negeri Gembongan Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo. Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia.

Sugiyono. (2015). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendiddikan. Bandung: Alfabeta.

Suryani, A. (2018). Program Implementasi Membaca Senyap Di Kelas IB B SD Negeri Ngoto.

Pendidikan Dasar , 7 (17), 1-589.

Undang Sudarsana dan Bastiano. (2014) Modul Pembinaan Minat Baca, h. 1.11. Diakses dari http://repository.ut.ac.id/4222/1/PUST4421-M1.pdf pada 25 September 2020

Published
2024-07-25