PELATIHAN OPTIMALISASI PERSONAL BRANDING BAGI SISWA SMK MUHAMMADIYAH PAMOTAN REMBANG SEBAGAI UPAYA PENGUATAN INSTITUSI
Abstract
Permasalahan penggunaan media dialami oleh siswa SMK Muhammadiyah Pamotan Kabupaten Rembang. Siswa sangat memerlukan pendampingan penggunaan media sosial, khususnya untuk tujuan personal branding. SMK Muhammadiyah Pamotan menginginkan ada pendampingan dari pihak luar yang bersedia mendampingi siswa dengan alasan atau pertimbangan: (1) siswa SMK Muhammadiyah Pamotan Kabupaten Rembang belum pernah mendapatkan pendampingan penggunaan media sosial, (2) siswa SMK Muhammadiyah Pamotan Kabupaten Rembang belum memahami personal branding dan manfaatnya, (3) sebagian besar siswa SMK Muhammadiyah Pamotan Kabupaten Rembang menggunakan media sosial untuk eksistensi mereka, bukan untuk kegiatan kreatif, (4) siswa SMK Muhammadiyah Pamotan Kabupaten Rembang perlu didampingi dalam menggunakan media sosial agar dapat mengoptimalisasi penggunaan media sosial untuk hal-hal positif, apalagi sebagian besar lulusan SMK langsung bekerja, (5) siswa SMK Muhammadiyah Pamotan Kabupaten Rembang perlu mendapatkan pelatihan dalam penggunaan media sosial agar dapat bermanfaat bagi masa depan mereka. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini ceramah, refleksi diri, dan praktik membuat akun dan konten yang menarik dan kreatif. Semua kegiatan dilakukan secara daring, mengingat sekolah memfasilitasi hotspot. Hal ini pada akhirnya berdampak pada kreativitas siswa, personal branding siswa, dan dapat dipergunakan untuk promosi sekolah.