The ANALISIS STP PENJUALAN ATK CV SURYA GADING PADA PLATFOM SHOPEE
Abstract
Pengabdian ini bertujuan untuk menganalisis strategi STP (Segmentasi, Targeting, dan Positioning) yang diterapkan oleh CV Surya Gading dalam penjualan produk Alat Tulis Kantor (ATK) di platform Shopee. Pengabdian ini menggunakan analisis dokumentasi dan observasi untuk melengkapi data yang diperoleh dari wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa segmentasi pasar dilakukan berdasarkan tiga kriteria yaitu demografis, geografis, dan psikografis. Target Pasar utama yang dipilih adalah pelajar/mahasiswa dan pegawai kantor. Pemilihan target pasar ini didasarkan pada analisis data penjualan, profil demografis pembeli, dan umpan balik pelanggan. Positioning Produk dilakukan dengan memposisikan produk ATK sebagai produk berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. Strategi STP yang diterapkan oleh CV Surya Gading efektif dalam menarik segmen pasar yang ditargetkan dan meningkatkan penjualan produk ATK di Shopee. Strategi STP yang diterapkan oleh CV Surya Gading efektif dalam menarik segmen pasar yang ditargetkan dan meningkatkan penjualan produk ATK di Shopee.
