PENDIDIKAN DESA BERKUALITAS MELALUI EDUKASI PENGEMBANGAN DIRI DI MADRASAH ALIYAH FASER DESA PANGLUNGAN
Abstract
Desa Panglungan merupakan salah satu desa yang memiliki skor pendidikan desa berkualitas rendah yakni 33,45%. Hal ini disebabkan adanya stigma bahwa untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi itu tidak perlu karena membutuhkan biaya besar. Namun, permasalahan ini bisa diatasi dengan adanya program edukasi pengembangan diri. Edukasi pengembangan diri ini dilaksanakan di MA Faser yang merupakan salah satu instansi pendidikan menengah atas di Desa Panglungan. Hasilnya siswa dan siswi MA Faser memiliki motivasi untuk melanjutkan pendidikan mereka ke tingkat yang lebih tinggi. Selain itu, edukasi pengembangan diri juga meningkatkan soft skill dan hard skill yang dimiliki oleh siswa dan siswi MA Faser. Dengan adanya program ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan desa berkualitas di Desa Panglungan serta mewujudkan pembangunan berkelanjutkan.
