Pemberdayaan Anak PAUD dan TK Melalui Pelatihan Kreativitas Bersama SAPA MAMA di Desa Klagen

  • Nurul Nurhidayati Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Bagus Nuari Harmawan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
Keywords: Kreativitas; Pelatihan; Pendidikan; SDGs

Abstract

SDGs merupakan salah satu berkelanjutan yang lagi gencar dilakukan oleh negara di seluruh dunia termasuk Indonesia. Kualitas pendidikan yang baik menjadi salah satu tujuan dari SDGs tersebut. Desa Klagen yang ada di Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk memiliki skor kualitas pendidikan di bawah 50 persen yaitu sekitar 23,59 persen. Sehingga diperlukan perbaikan kualitas pendidikan sejak dini yaitu salah satunya melalui pendidikan non formal. Tujuan dari pengabdian ini yaitu agar dapat memberikan pendidikan non formal melalui pelatihan kreativitas kepada anak-anak sedari dini yaitu anak-anak PAUD dan TK dengan tujuan agar anak-anak tersebut dapat mulai melatih kemampuan motirik dan kreativitas yang dimilikinya. Kegiatan pengabdian pada pekatihan kreativitas ini dilakukan bersama kelompok SAPA MAMA Desa Klagen yang telah biasa melakukan pembinaan kepada kelompok perempuan, anak dan marginal. Kegiatan pelatihan kreativitas anak-anak tersebut dilakukan di Perpustakaan Desa Klagen dan terdiri dari 5 (lima) kali pertemuan dalam 2 bulan. Pelatihan kreativitas anak-anak ini dapat dikatakan berjalan secara efektif karena anak-anak mampu untuk memulai mengembangkan kreativitas dan melatih kemampuan motorik halus yang dimilikinya.

Published
2024-07-09