MENGENALKAN KETERAMPILAN DASAR RENANG UNTUK SISWA-SISWI SEKOLAH DASAR NEGERI 01 PLESUNGAN KARANGANYAR TAHUN 2024/2025

  • Totong Umar Universitas Tunas Pembangunan Surakarata (UTP)
  • Muchhamad Sholeh Universitas Tunas Pembangunan Surakarata (UTP)
  • Abimayu Ridho Setyo Utomo Universitas Tunas Pembangunan Surakarata (UTP)
  • Sani Shafa Azzahra Universitas Tunas Pembangunan Surakarata (UTP)
  • Bima Nur Rozzaq Universitas Tunas Pembangunan Surakarata (UTP)
  • M.Nasirudin Universitas Tunas Pembangunan Surakarata (UTP)
Keywords: Keterampilan dasar renang, siswa sekolah dasar, edukasi partisipatif, PKM, pelatihan olahraga air.

Abstract

Rendahnya kemampuan berenang pada siswa-siswi sekolah dasar menjadi permasalahan yang cukup urgen, khususnya di daerah yang memiliki potensi sumber air seperti Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar. Kurangnya akses terhadap pelatihan renang yang terstruktur serta minimnya pengetahuan siswa terhadap teknik dasar renang meningkatkan risiko kecelakaan air. Oleh karena itu, Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk mengenalkan keterampilan dasar renang kepada siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri 01 Plesungan Tahun Ajaran 2024/2025. Metode pengabdian yang digunakan adalah pendekatan partisipatif edukatif melalui observasi, edukasi teori, demonstrasi, dan praktik langsung di kolam renang dengan didampingi pelatih bersertifikat. Kegiatan ini dilaksanakan dalam beberapa tahap, meliputi identifikasi kebutuhan, penyusunan modul pengenalan renang dasar, pelatihan guru pendamping, serta implementasi pelatihan kepada siswa kelas IV dan V. Hasil dari kegiatan menunjukkan respon yang sangat positif dari siswa, guru, dan orang tua. Siswa mampu mengenali dan mempraktikkan keterampilan dasar seperti pernapasan, meluncur, dan gaya dada secara sederhana. Program ini tidak hanya meningkatkan kesadaran akan pentingnya kemampuan berenang, tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermanfaat bagi siswa. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan PKM ini memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan keterampilan dasar renang siswa sekolah dasar dan patut dilanjutkan serta direplikasi di sekolah lain.

Published
2025-06-03