PENINGKATAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM BAGI GURU PENJAS

  • Agustanico Dwi Muryadi Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
  • Rika Yuni Ambarsari Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
  • Sunjoyo Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
  • Atta Mirza Himawan Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
Keywords: media pembelajaran, Google Classroom, Pendidikan Jasmani, Social Learning Network

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah mendorong transformasi dalam dunia pendidikan, termasuk pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani (Penjas) yang sebelumnya lebih banyak berfokus pada aktivitas fisik. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru-guru Penjas Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Pecangaan dalam menggunakan media pembelajaran digital berbasis Social Learning Network (SLN) melalui aplikasi Google Classroom. Metode pelaksanaan berupa pelatihan langsung dan ceramah, yang mencakup penggunaan Google Classroom versi web dan mobile, diberikan kepada para guru selama satu hari. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa meskipun sebagian guru mengalami kesulitan awal dalam menggunakan aplikasi, hambatan tersebut dapat diatasi karena sebagian besar peserta berasal dari generasi muda yang memiliki literasi digital cukup tinggi. Selain itu, siswa juga mampu beradaptasi dengan bimbingan guru yang melek teknologi. Pelatihan ini berdampak positif terhadap kesiapan guru dalam mengintegrasikan Google Classroom ke dalam proses pembelajaran Penjas, baik untuk menyampaikan materi teoretis, memberikan tugas praktik, maupun melakukan evaluasi secara digital. Berdasarkan evaluasi, sebanyak 96% peserta menyatakan akan menggunakan dan mengenalkan Google Classroom kepada siswa mereka sebagai sarana pendukung pembelajaran. Hasil ini mengindikasikan bahwa pelatihan ini efektif dalam mendorong pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran alternatif yang fleksibel dan adaptif terhadap perkembangan zaman.

Published
2025-06-24