MENGENAL CEMAS, MERANGKUL TENANG: PSIKOEDUKASI KECEMASAN PADA REMAJA MELALUI PENDEKATAN INTERAKTIF DAN ROLEPLAY STRATEGI COPING DI SMA BATIK 1 SURAKARTA

  • Muhammad Galuh Hermawan Universitas Sahid Surakarta
  • Faqih Purnomosidi Universitas Sahid Surakarta
Keywords: remaja, psikoedukasi, strategi coping

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan pemahaman siswa tentang kecemasan dan strategi coping melalui psikoedukasi interaktif. Dilaksanakan di SMA Batik 1 Surakarta dengan melibatkan 40 siswa kelas X, metode yang digunakan mencakup kuis, pemaparan materi, teknik grounding, penulisan jurnal, dan roleplay. Hasil menunjukkan peningkatan kesadaran siswa terhadap gejala kecemasan dan kemampuan regulasi diri. Siswa juga menunjukkan antusiasme tinggi saat praktik. Temuan ini menegaskan pentingnya psikoedukasi partisipatif dalam membangun literasi kesehatan mental dan ketahanan emosional remaja.

Published
2025-06-30