PENERAPAN TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING (TGFU) DALAM PEMBELAJARAN ATLETIK OLEH MAHASISWA PKO UTP

  • Slamet Sudarsono Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
  • Muchhamad Sholeh Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
  • Risa Agus Teguh Wibowo Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
  • Vikri Aditya Pratama Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
Keywords: TGFU, Atletik, Penjaskes, teaching game for understanding, calon guru

Abstract

Pengabdian ini dilakukan di Universitas Tunas Pembangunan dan SDN Bororejo yang berjumlah 5 orang khususnya di kelas atletik dengan menerapakan model pembelajaran Teaching Games for Understanding. tujuan duntuk meningkatkan kompetensi mahasiswa calon guru Pendidikan Jasmani dalam menerapkan model pembelajaran Teaching Games for Understanding (TGFU) pada materi atletik di sekolah dasar. Participatory Action Research (PAR) adalah metode pengabdian yang melibatkan semua pihak secara aktif dalam proses identifikasi masalah, perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi. Kegiatan dilaksanakan melalui tahapan pelatihan, implementasi langsung oleh mahasiswa di SDN Bororejo, serta evaluasi dan refleksi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa mahasiswa mampu menerapkan pendekatan TGFU dengan efektif, yang terlihat dari peningkatan interaksi siswa, suasana belajar yang lebih aktif, serta penguatan keterampilan mengajar mahasiswa. Kegiatan ini juga menjadi sarana penguatan kerja sama antara kampus dan sekolah dasar sebagai mitra pembelajaran. Disarankan agar pendekatan TGFU dijadikan bagian dari program praktik mengajar atau microteaching bagi calon guru penjas.

Published
2025-08-04