PELATIHAN MEMBUAT DONGENG FABEL DENGAN MENGGUNAKAN ARTIFICIAL INTELLIGENT

  • Maria Cholifah UNiversitas PGRI Kanjuruhan
Keywords: AI; Dongeng; Fabel

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis dan kreativitas siswa sekolah dasar dalam menciptakan karya sastra, khususnya dongeng. Selama ini siswa di SDN 2 Gondowangi lebih sering menjadi pendengar atau pembaca cerita tanpa diberi kesempatan untuk menghasilkan karya sendiri. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pelatihan pembuatan dongeng fabel berbasis Artificial Intelligent (AI) sebagai upaya menumbuhkan kreativitas, meningkatkan keterampilan berbahasa, dan membekali siswa dengan literasi digital. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pelatihan partisipatif yang diawali dengan identifikasi kebutuhan siswa, penyusunan rencana kegiatan, pelaksanaan pelatihan, hingga pendampingan dan evaluasi. Pelatihan menggunakan platform berbasis AI yang mampu mengubah teks menjadi visualisasi cerita digital sehingga memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menarik. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa lebih termotivasi dalam menulis, mampu mengembangkan alur cerita, tokoh, dan pesan moral, serta menunjukkan peningkatan rasa percaya diri dalam mengekspresikan ide. Simpulan dari kegiatan ini adalah bahwa integrasi antara dongeng fabel sebagai media tradisional dengan teknologi AI mampu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, interaktif, dan bermakna, sekaligus menyiapkan siswa menjadi generasi kreatif, kritis, dan melek digital.

Published
2025-09-08