EDUKASI GIZI SEIMBANG KEPADA ANAK SEKOLAH DASAR di SD NEGERI LARANGAN – SIDOARJO
Abstract
Masalah gizi pada anak sekolah dasar masih menjadi tantangan serius karena dapat memengaruhi pertumbuhan, perkembangan kognitif, dan kesehatan jangka panjang. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan kesadaran gizi seimbang siswa melalui edukasi interaktif yang terintegrasi dengan program makan bergizi gratis. Edukasi dilaksanakan di SD Negeri Larangan, Sidoarjo, pada 6 Agustus 2025 dengan peserta 53 siswa kelas V. Metode kegiatan meliputi pre-test, pemutaran video animasi, permainan edukasi (spinwheel dan puzzle “Isi Piringku”), diskusi, serta post-test untuk menilai peningkatan pemahaman. Hasil menunjukkan rata-rata nilai pre-test 68,1 (45%) meningkat menjadi 74,2 (55%) pada post-test, atau terjadi kenaikan 13,2 poin. Evaluasi respon peserta menunjukkan 93% menilai video sesuai kebutuhan, 84% menyatakan materi sangat mudah dipahami, dan 86% menilai media penyajian jelas dan menarik. Temuan ini membuktikan bahwa edukasi interaktif efektif dalam meningkatkan pemahaman gizi seimbang dan memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan. Program ini berpotensi direplikasi di sekolah lain dan mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) 2 (Zero Hunger), 3 (Good Health and Well-being), dan 4 (Quality Education).
