PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PENGELOLA UMKM BATIK MELALUI PELATIHAN PEMANFAATAN PLATFORM DIGITAL SEBAGAI WADAH PENGUATAN PASAR
Abstract
Penguatan atas produk lokal desa mempunyai peran penting sebagai penguat potensi wisata lokal. Desa Ngadipuro pun telah mempunyai Batik khas yang menjadi salah satu produk UMKM unggulan desa yang diberi nama Batik Sora. Saat ini Batik Sora telah diperkenalkan dan dipromosikan secara gethok tular atau konvensional dari mulut ke mulut saja sehingga perlu dikembangkan dengan pemasaran melalui platform digital khususnya instagram. Metode pelaksanaan yang dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanaan dilakukan melalui analisa kebutuhan pengembangan UMKM. Tahap pelaksanaan dilakukan penguatan kapasitas perempuan pengelola UMKM Batik melalui pelatihan penyusunan platform digital dengan memanfaatkan sosial media seperti Instagram. Tahap evaluasi dilakukan melalui pembagian kuesioner kepada seluruh peserta. Secara keseluruhan, pelatihan platform digital sudah berjalan dengan baik dan perlu sesi pendampingan langsung agar peserta dapat mencoba menggunakan fitur platform digital secara mandiri.
