LEADERSHIP CHARACTER BUILDING MELALUI PELATIHAN KEPEMIMPINAN BAGI SISWA SEKOLAH INDONESIA BANGKOK THAILAND
Abstract
Sekolah Indonesia Bangkok memiliki jumlah murid dan guru yang sedikit, hal itu membuat semua orang menjadi akrab seperti sebuah keluarga. Dalam hal ini, setiap siswa di sini saling membantu satu sama lain dengan sukarela. Potensi karakter positif yang telah tumbuh masih perlu ditingkatkan dan dikembangkan untuk mewujudkan visi Sekolah Indonesia Bangkok. Salah satunya adalah melalui pelatihan kepemimpinan bagi siswa Sekolah Indonesia Bangkok yang bekerjasama dengan Tim PkM Fakultas Vokasi Universitas Negeri Surabaya. Metode pelatihan ini dilakukan melalui permainan kelompok bentuk tercepat, kapten berkata, dan rantai manusia. Secara keseluruhan, permainan ini efektif dalam membentuk karakter kepemimpinan siswa, dengan beberapa aspek yang masih perlu dilakukan perbaikan seperti pihak sekolah dan guru meningkatkan pembelajaran softskills kepemimpinan siswa melalui kegiatan akademik dan non akademik, pihak sekolah dan guru mengembangkan role model kepemimpinan dalam kegiatan akademik dan non akademik, dan pihak sekolah dan guru bekerjasama dengan orang tua/wali siswa untuk meningkatkan dan mengembangkan softskills kepemimpinan di luar sekolah.
