PENGUATAN PERKEMBANGAN FISIK DAN DISIPLIN ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN LARI KECIL BERBASIS JOYFUL LEARNING DI PAUD–TK KARANGANYAR

  • Teguh Andibowo Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
  • Rustam Yuliyanto Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
  • Hartini Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
  • Ronny Suryo Narbito Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
  • Aan Budi Santoso Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
  • Moh.Habib Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
Keywords: anak usia dini, lari kecil, ketekunan, pembelahajaran yang menyenangkan, perkembangan fisik

Abstract

Melalui penggunaan permainan lari yang menyenangkan, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan fisik anak usia dini dan menanamkan nilai disiplin. Lari kecil adalah contoh aktivitas fisik yang mengoptimalkan perkembangan motorik kasar, koordinasi, dan kebugaran jasmani anak. Di PAUD–TK Karanganyar, TK-PAUD Nurul Iman, program dijalankan dengan mitra kegiatan guru, peserta didik, dan orang tua. Participatory Action Research (PAR) adalah pendekatan yang melibatkan partisipasi aktif dari semua pihak yang terlibat dalam proses perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi kegiatan. Agar anak merasa gembira dan termotivasi untuk bergerak aktif, permainan lari kecil dikemas dengan cara yang menyenangkan untuk belajar. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa kemampuan motorik kasar anak telah ditingkatkan, terutama dalam hal keseimbangan, koordinasi, dan kecepatan reaksi gerak. Selain itu, anak menunjukkan perubahan perilaku yang baik, seperti kesadaran waktu yang lebih baik, keteraturan, dan kedisiplinan dalam melakukan kegiatan. Program ini juga meningkatkan peran orang tua dan guru dalam mengajarkan nilai karakter melalui kegiatan fisik sederhana dan menyenangkan.

Published
2025-11-08