PELATIHAN PEMBUATAN APLIKASI MOBILE TANPA CODING MENGGUNAKAN KODULAR UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI DIGITAL MAHASISWA

  • Ahmad Adil Universitas Negeri Makassar
  • Sudirman Universitas Negeri Makassar
  • Sudirman Burhanuddin Universitas Negeri Makassar
  • Andi Rizal Universitas Negeri Makassar
  • Awaluddin Universitas Negeri Makassar
Keywords: maximal, mobile application, Kodular, digital competence, physical education

Abstract

Perkembangan teknologi digital menuntut mahasiswa memiliki kompetensi dalam pengembangan aplikasi mobile sebagai bagian dari literasi digital abad 21. Namun, keterbatasan kemampuan pemrograman menjadi hambatan bagi mahasiswa non-informatika, termasuk mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) untuk mengembangkan aplikasi yang mendukung pembelajaran. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan meningkatkan kompetensi digital mahasiswa PJKR FIKK UNM melalui pelatihan pembuatan aplikasi mobile menggunakan platform Kodular yang berbasis block programming tanpa memerlukan kemampuan coding. Metode pelaksanaan meliputi tahap persiapan, pelaksanaan pelatihan intensif selama satu minggu dengan pendekatan workshop praktis, dan evaluasi. Peserta pelatihan berjumlah 35 mahasiswa yang mengikuti serangkaian kegiatan mulai dari pengenalan konsep aplikasi mobile, penggunaan interface Kodular, hingga praktik pembuatan aplikasi sederhana. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman konsep aplikasi mobile dari rata-rata skor 45,2 menjadi 82,7, kemampuan praktis pembuatan aplikasi dari 38,5 menjadi 85,3, dan kepercayaan diri dalam mengembangkan aplikasi dari 42,1 menjadi 80,4. Seluruh peserta berhasil menyelesaikan minimal satu aplikasi fungsional dengan rata-rata tingkat kompleksitas sedang. Evaluasi kepuasan menunjukkan 91,4% peserta merasa sangat puas dengan materi dan metode pelatihan. Kegiatan ini memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kompetensi digital mahasiswa PJKR dan membuka peluang inovasi pembelajaran berbasis teknologi di bidang pendidikan jasmani.

Published
2025-12-05