PSIKOEDUKASI REGULASI EMOSI UNTUK ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL GONILAN PSYCHOEDUCATION ON EMOTIONAL REGULATION FOR EARLY CHILDHOOD AT AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL GONILAN KINDERGARTEN
Abstract
Pengaturan emosi merupakan bagian dari kompetensi emosional yang merupakan salah satu unsur dalam penyesuaian psikologis dan sosial, juga berkaitan dengan pencapaian individu dalam hubungan intrapersonal dan interpersonal. Tujuan penelitian ini adalah 1) diharapkan mereka dapat belajar mengenali berbagai jenis emosi, 2) mengetahui cara mengekspresikannya dengan tepat, 3) dan mengembangkan strategi sederhana dalam mengelola emosi negatif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa TK Aisyiyah Bustanul Athfal Gonilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa psikoedukasi interaktif merupakan strategi yang efektif dalam membantu anak usia dini mengenali dan mengelola emosi secara sehat. Kegiatan ini dilaksanakan melalui empat tahap, yaitu wawancara dengan pihak sekolah, observasi langsung perilaku anak, pelaksanaan psikoedukasi di kelas, dan evaluasi dampak kegiatan.
