PENINGKATAN KOMPETENSI GURU BAHASA INGGRIS SMP MELALUI PELATIHAN DEEP LEARNING DAN TEKNOLOGI DIGITAL

  • Henny Dwi Iswati Universitas Negeri Surabaya
  • Sumarniningsih Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Chakim Universitas Negeri Surabaya
  • Yuri Lolita Universitas Negeri Surabaya
  • Silfia Asning Tias Universitas Negeri Surabaya
  • Rizki Ramadhan Universitas Negeri Surabaya
Keywords: kompetensi guru, pembelajaran Bahasa Inggris, deep learning, teknologi digital, Kurikulum Merdeka

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memperkuat kompetensi pedagogik dan digital guru bahasa Inggris SMP di Surabaya melalui integrasi prinsip deep learning dan teknologi digital berbasis kecerdasan buatan (AI). Analisis kebutuhan awal menunjukkan bahwa para guru menghadapi tantangan dalam memahami konsep deep learning, merancang kegiatan pembelajaran yang bermakna, menerapkan asesmen autentik, serta menggunakan perangkat digital secara percaya diri. Program ini dilaksanakan melalui lokakarya kolaboratif. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pemahaman guru terhadap tahapan deep learning, kerangka pembelajaran Joyful–Mindful–Meaningful, serta pemanfaatan platform digital seperti Canva, Padlet, dan berbagai perangkat AI. Para guru berhasil menghasilkan aktivitas pembelajaran berbasis deep learning serta perangkat pembelajaran yang mencerminkan kegiatan belajar yang kontekstual, kolaboratif, dan reflektif. Program ini juga mendorong terbangunnya kolaborasi profesional antar-guru serta meningkatkan kepercayaan diri guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Secara keseluruhan, kegiatan ini berkontribusi dalam memberdayakan guru untuk merancang pembelajaran bahasa Inggris yang inovatif dan didukung oleh teknologi digital.

Published
2025-12-17