ANALISIS KECELAKAAN DI JALAN RAYA NGANJUK-MADIUN DENGAN METODE ANGKA EKIVALEN KECELAKAAN DAN UPPER CONTROL LIMIT

  • Hanifa Nur A`ini Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Tunas Pembangunan (UTP), Surakarta
  • RA Dinasty Purnomoasri Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Gatot Nursetyo Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Abstrak

Jalan Raya Nganjuk-Madiun merupakan jalan nasional yang menghubungkan ibu kota provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah. Oleh karena itu, jalan tersebut cukup potensial untuk pergerakan arus lalu lintas yang memiliki tingkat kecelakaan yang cukup tinggi. Analisis ini digunakan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor penyebab, karakteristik, lokasi kawasan rawan kecelakaan (blackspot), kondisi kawasan rawan kecelakaan (blackspot), serta upaya preventif yang dapat dilakukan. Metode yang digunakan dalam analisis ini adalah metode AEK (Accident Equivalent Number) dan Metode Batas Kendali Atas. Data primer merupakan data kondisi geometrik jalan, sedangkan data sekunder berupa jumlah, waktu, lokasi, hari, kelas korban, dan jenis kendaraan yang diperoleh dari Satlantas Polres Nganjuk tahun 2019 – 2023. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik kecelakaan berdasarkan lokasi segmen terbanyak terjadi pada tahun 2019 pada segmen 1 sebanyak 15 kejadian, berdasarkan waktu kejadian yaitu pada pukul 06.01-

Diterbitkan
2025-07-28
How to Cite
A`iniH. N., RA Dinasty Purnomoasri, & Nursetyo, G. (2025). ANALISIS KECELAKAAN DI JALAN RAYA NGANJUK-MADIUN DENGAN METODE ANGKA EKIVALEN KECELAKAAN DAN UPPER CONTROL LIMIT. Jurnal Teknik Sipil Dan Arsitektur, 30(2), 60-68. https://doi.org/10.36728/jtsa.v30i2.4848