EVALUASI RUANG KELAS ANAK USIA DINI SESUAI ASPEK PSIKOLOGI ARSITEKTUR

  • Refranisa Institut Teknologi Indonesia
  • M.Arya Sapcahadi Program Studi Arsitektur, Institut Teknologi Indonesia, Tangerang Selatan
  • Salsabila Febri Program Studi Arsitektur, Institut Teknologi Indonesia, Tangerang Selatan

Abstrak

TK Islam Al-Fath adalah lembaga pendidikan tingkat Taman Kanak-Kanak yang berada di Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Fasilitas ruang belajar yang dirancang pada lembaga tersebut fleksibel dengan interior yang menggunakan warna-warna cerah yang dirancang untuk merangsang imajinasi dan kreativitas anak. Hal tersebut berkaitan dengan penerapan psikologi arsitektur yang berperan penting dalam memberikan lingkungan yang mendukung perkembangan optimal anak-anak di usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi seberapa  besar aspek psikologi yang terimplementasi pada ruang kelas Tk Islam Al-Fath guna mengetahui Faktor-faktor seperti kondisi dari perabot yang berhubungan langsung dengan pengguna, kondisi penataan ruang terhadap pengguna, Metode yang dilakukan adalah observasi pengamatan elemen-elemen prsikologi arsitektur. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa desain ruang kelas perlu penyesuaian dalam pemilihan warna, fleksibilitas furnitur, dan pencahayaan agar dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih nyaman dan kondusif bagi anak-anak.

Diterbitkan
2025-07-28
How to Cite
Refranisa, Sapcahadi, M., & Febri, S. (2025). EVALUASI RUANG KELAS ANAK USIA DINI SESUAI ASPEK PSIKOLOGI ARSITEKTUR. Jurnal Teknik Sipil Dan Arsitektur, 30(2), 112-118. https://doi.org/10.36728/jtsa.v30i2.4865