Pengembangan UMKM Es Sop Buah Segar Khas Cirebon Melalui Peningkatan Strategi Pemasaran
Abstrak
UMKM Es Sop Buah Segar Khas Cirebon beralamat di Jl. Majapahit Sidowayah Rembang. UMKM Es Sop Buah Segar Khas Cirebon memiliki potensi besar sebagai produk kuliner minuman lokal yang menarik, namun masih menghadapi berbagai kendala dalam hal pemasaran. Untuk itu diperlukan strategi pemasaran yang baik. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat Kuliah Kerja Usaha (KKU) Universitas YPPI Rembang ini adalah meningkatkan strategi pemasaran bagi UMKM Es Sop Buah Segar Khas Cirebon. Permasalahan yang dihadapi yakni: 1). Musim hujan yang berkepanjangan akhir-akhir ini membuat produk jarang diminati, 2). Kemasan yang kurang menarik, 3). Kurangnya promosi di media sosial, 4). Belum memiliki desain logo, 5). Belum memiliki label halal. Hasil dari program kegiatan pengabdian KKU yang berlangsung selama 1 bulan ini menghasilkan output yaitu: 1). Standing banner bertujuan untuk membantu memperjelas lokasi jualan terlihat dari kejauhan, 2). Logo dalam bentuk stiker bertujuan untuk menciptakan identitas merek yang mudah dikenali pelanggan, 3). Nota dan stempel bertujuan untuk mencatat bukti transaksi secara resmi, 4). Pamflet promosi bertujuan untuk meningkatkan omset penjualan.