IMPLEMENTASI KKN SEBAGAI KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PADA ASPEK FISIK DAN NON FISIK DI DESA KORIPAN KECAMATAN MATESIH KABUPATEN KARANGANYAR

  • Paska Wijayanti Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Kusdiman Joko Priyanto Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Gatot Nursetyo Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Muhammad Ismail Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Ferara Nanda Agustino Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
Kata Kunci: Implementasi, KKN, aspek fisik, aspok non fisik

Abstrak

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan wujud nyata implementasi Tridharma Perguruan Tinggi yang bertujuan memberdayakan masyarakat melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pengabdian ini dilaksanakan di Desa Koripan, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, dengan fokus pada dua aspek utama, yaitu fisik (infrastruktur) dan non-fisik (sosial-edukasi). Program fisik yang dilaksanakan meliputi  pengadaan tempat sampah, penanaman bibit pohon, membantu produksi UMKM blantik jamur, dan pengadaan jumat berkah. Sedangkan program non fisik yang dilaksanakan meliputi pelatihan pembuatan kerajinan tangan, pembuatan siteplan (rencana tapak) wisata kebun apel, senam sehat bersama, mengadakan rumah belajar, sosialisasi dan pembuatan fermentasi pakan hewan ternak, sosialisasi tentang pengaruh gadget di SD N 1 Koripan,  pembuatan video profil Desa Koripan, lomba warga dalam memperingati HUT RI. Pelaksanaan program pengabdian ini mengadopsi pendekatan holistik melalui integrasi beberapa teknik pengumpulan data dan diseminasi informasi. Data awal dihimpun melalui survei lapangan yang bertujuan mengidentifikasi kondisi objektif dan potensi sumber daya. Selanjutnya, sosialisasi diselenggarakan untuk transfer ilmu dan keterampilan kepada target audiens. Komunikasi dan branding program dilakukan secara masif melalui media sosial untuk menjangkau khalayak yang lebih luas, dan diakhiri dengan wawancara terhadap informan kunci guna evaluasi formatif dan refleksi program. Implementasi Kuliah Kerja Nyata sebagai pengabdian kepada masyarakat di Desa Koripan mendapatkan sambutan, tanggapan dan dukungan yang cukup baik dari masyarakat Desa Koripan. Dengan adanya kegiatan KKN ini hubungan antara lembaga perguruan tinggi dengan lembaga pemerintahan desa khususnya masyarakat desa Koripan semakin baik.

Referensi

Afriyanti, K. (2023). Strategi Komunikasi Public Relations PT. Pertamina Patra Niaga Marketing Operation Region (MOR VII) Dalam Mensosialisasikan Penyesuaian Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di Kota Makassar= Public Relations Communication Strategy PT. Pertamina Patra Niaga Marketing Operation Region (MOR VII) in Socializing the Adjustment of Fuel Oil Prices (BBM) in Makassar City (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).
Arianto, B. (2024). Triangulasi metoda penelitian kualitatif.
Fadila, F., Safriani, S., Eliana, E., & Khaddafi, M. (2025). PENGUMPULAN DATA DALAM PENELITIAN KUALITATIF: WAWANCARA. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 2(7), 13446-13449.
Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains dan Teknologi (Kemdiktisainstek). (2025). DIKTISAINTEK BERDAMPAK. Perpusnas. Jakarta.
Prasetyo, B. A., & Uma, D. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Komunikasi Pemasaran Brand Alfateema Dalam Perspektif Uu Ite. Jurnal Cahaya Keadilan, 11(02), 1-13.
Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan media sosial untuk efektifitas komunikasi. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 16(2).
Shafira, D., Aditya, F. A., Anggia, I. R., Putri, N. N. K., Al Hanif, S., & Prihantini, P. (2025). Tantangan dan Solusi dalam Pengelolaan Pendidikan Modern. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 868-879.
Sihombing, L. (2020). Pendidikan dan karakter mahasiswa di perguruan tinggi. Jurnal Christian Humaniora, 4(1), 104-112.
Sungkono, K. K. D., Arbianto, R., Yuono, T., Handoyo, S., Mulyandari, E., Wijayanti, P., ... & Hartanto, T. (2024). PERENCANAAN BANGUNAN MASJID SMK NEGERI 1 WONOGIRI. GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 216-220.
Syaiful, A. (2023). Peran mahasiswa sebagai agen perubahan di masyarakat. Journal of Instructional and Development Researches, 3(1), 29-34.
Diterbitkan
2025-12-04