PENGEMBANGAN PEMASARAN DIGITAL UMKM DZIKRO COKLAT KACANG SALATIGA: SOCIAL MEDIA MARKETING DAN WEBSITE BERBASIS GOOGLE SITES
Abstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk melakukan implementasi pemasaran digital pada UMKM Dzikro Coklat Kacang melalui pendampingan pemasaran digital berapa sosialisasi pada UMKM Dzikro Coklat Kacang. UMKM memiliki keterbatasan dalam Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya dalam hal pengelolaan penggunaan media sosial dan website. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pendampingan pemasaran digital dengan melakukan pembuatan content plan berupa calendar posting menggunakan Google Spreadsheet, membuat desain konten menggunakan aplikasi Canva, dan pembuatan website menggunakan Google Sites. Hasil menunjukkan adanya peningkatan pemahaman pelaku usaha mengenai pemasaran digital. Diharapkan hasil kegiatan berupa content plan, desain koten, dan website dapat dilanjutkan dan dikembangkan oleh pelaku usaha UMKM Dzikro Coklat Kacang di masa mendatang.
References
Dewi, K. N. K., & Mahyuni, L. P. (2022). Pelatihan Digital Marketing Kepada UMKM di Banjar Pitik untuk Daya Saing Usaha. Dinamisia?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 716–724. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i3.6302
Isnaini, K. N., Sulistiyani, D. F., & Putri, Z. R. K. (2021). Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva. 5(1).
Nada, F. N., & Winarti, O. (2023). Penerapan Digital Marketing Dan Peran Content Creator Pada Media Sosial Guna Meningkatkan Brand Awareness PT. Otak Kanan Surabaya Implementation of Digital Marketing and the Role of Content Creators on Social Media to Increase Brand Awareness of PT. Otak Kanan Surabaya. JIPM:Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat, 1(3). https://doi.org/10.47861/jipm-nalanda.v1i3.322
Pratama, A. Y., Pambudi, Z. A., Magrita, C., & Sakti, M. I. (2023). Optimalitasi Digital Marketing pada UMKM Amadonathi melalui Sosial Media dan Website. Jurnal Adi Widya. https://doi.org/10.33061
Pubian, Y. M., & Herpratiwi, H. (2022). Penggunaan Media Google Site Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Efektifitas Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Akademika, 11(01), 163–172. https://doi.org/10.34005/akademika.v11i01.1693
Rakhmawati, A., Rahardjo, K., & Prakasa, Y. (2023). Dampak Kondisi Sosial Ekonomi, Respon Kebijakan Pemerintah Dan Pengaruhnya Terhadap Keberlanjutan Ukm Dan Kinerja Keuangan. Jurnal Sekretaris & Administrasi Bisnis (JSAB), 7(2), 93. https://doi.org/10.31104/jsab.v7i2.352
Situmorang, U. E., Simanungkalit, D. F., Noviana, I. G., Margaretha, Y. A., Petrisia, G. M. C., Triantoro, A., & Wijayanto, P. (2023). Penyuluhan Pemasaran Digital untuk Desa Gedong, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang.
Susanto, B., Hadianto, A., Chariri, F. N., Rochman, M., Syaukani, M. M., & Daniswara, A. A. (2020). Penggunaan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM. Community Empowerment, 6(1), 42–47. https://doi.org/10.31603/ce.4244
Copyright (c) 2024 Liony Novita Sugiarto, Santi Tri Wulandari, Dwi Wahyu Utami, Euodia Frida Esterlita, Melvin Lukas Valentino, Imanuel Madea Sakti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang ingin memasukkan naskah untuk diterbitkan pada jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui poin-poin di bawah ini.
- Manuskrip yang diserahkan belum diterbitkan sebelumnya baik secara online maupun cetak.
- Manuskrip yang dikirimkan harus mengandung novelty yang baik. Minimal kebaruan referensi adalah 80% dari total referensi yang digunakan.
- Topik manuskrip harus sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Penulisan manuskrip telah disesuaikan dengan panduan penulisan yang ditentukan oleh Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Abstrak dan kata kunci disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam pengisian metadata penyerahan manuskrip.
- Referensi yang digunakan 75% harus berasal dari sumber primer (jurnal) dan 25% sumber sekunder (buku, majalah, koran, website, dll).