PENGEMBANGAN PEMASARAN DIGITAL UMKM DZIKRO COKLAT KACANG SALATIGA: SOCIAL MEDIA MARKETING DAN WEBSITE BERBASIS GOOGLE SITES

  • Liony Novita Sugiarto Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kristen Satya Wacana
  • Santi Tri Wulandari Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kristen Satya Wacana
  • Dwi Wahyu Utami Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kristen Satya Wacana
  • Euodia Frida Esterlita Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kristen Satya Wacana
  • Melvin Lukas Valentino Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kristen Satya Wacana
  • Imanuel Madea Sakti Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kristen Satya Wacana
Keywords: Pemasaran Digital, Media Sosial, Website, Google Sites

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk melakukan implementasi pemasaran digital pada UMKM Dzikro Coklat Kacang melalui pendampingan pemasaran digital berapa sosialisasi pada UMKM Dzikro Coklat Kacang. UMKM memiliki keterbatasan dalam Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya dalam hal pengelolaan penggunaan media sosial dan website. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pendampingan pemasaran digital dengan melakukan pembuatan content plan berupa calendar posting menggunakan Google Spreadsheet, membuat desain konten menggunakan aplikasi Canva, dan pembuatan website menggunakan Google Sites. Hasil menunjukkan adanya peningkatan pemahaman pelaku usaha mengenai pemasaran digital. Diharapkan hasil kegiatan berupa content plan, desain koten, dan website dapat dilanjutkan dan dikembangkan oleh pelaku usaha UMKM Dzikro Coklat Kacang di masa mendatang.

References

Adzkiya, D. S., & Suryaman, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Google Site dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD. Educate?: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 20. https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.4891

Dewi, K. N. K., & Mahyuni, L. P. (2022). Pelatihan Digital Marketing Kepada UMKM di Banjar Pitik untuk Daya Saing Usaha. Dinamisia?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 716–724. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i3.6302

Isnaini, K. N., Sulistiyani, D. F., & Putri, Z. R. K. (2021). Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva. 5(1).

Nada, F. N., & Winarti, O. (2023). Penerapan Digital Marketing Dan Peran Content Creator Pada Media Sosial Guna Meningkatkan Brand Awareness PT. Otak Kanan Surabaya Implementation of Digital Marketing and the Role of Content Creators on Social Media to Increase Brand Awareness of PT. Otak Kanan Surabaya. JIPM:Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat, 1(3). https://doi.org/10.47861/jipm-nalanda.v1i3.322

Pratama, A. Y., Pambudi, Z. A., Magrita, C., & Sakti, M. I. (2023). Optimalitasi Digital Marketing pada UMKM Amadonathi melalui Sosial Media dan Website. Jurnal Adi Widya. https://doi.org/10.33061

Pubian, Y. M., & Herpratiwi, H. (2022). Penggunaan Media Google Site Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Efektifitas Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Akademika, 11(01), 163–172. https://doi.org/10.34005/akademika.v11i01.1693

Rakhmawati, A., Rahardjo, K., & Prakasa, Y. (2023). Dampak Kondisi Sosial Ekonomi, Respon Kebijakan Pemerintah Dan Pengaruhnya Terhadap Keberlanjutan Ukm Dan Kinerja Keuangan. Jurnal Sekretaris & Administrasi Bisnis (JSAB), 7(2), 93. https://doi.org/10.31104/jsab.v7i2.352

Situmorang, U. E., Simanungkalit, D. F., Noviana, I. G., Margaretha, Y. A., Petrisia, G. M. C., Triantoro, A., & Wijayanto, P. (2023). Penyuluhan Pemasaran Digital untuk Desa Gedong, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang.

Susanto, B., Hadianto, A., Chariri, F. N., Rochman, M., Syaukani, M. M., & Daniswara, A. A. (2020). Penggunaan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM. Community Empowerment, 6(1), 42–47. https://doi.org/10.31603/ce.4244
Published
2024-07-28
Section
Articles