PEMANFAATAN TRAINER INTERNET OF THINGS UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU VOKASI DI SMK NEGERI PONCOL
Abstract
Pengabdian ini bertujuan memberi penguatan kemampuan guru-guru SMK Negeri Poncol melalui pelatihan implementasi metode Pembelajaran Berbasis Proyek berbasis produk dengan pemanfaatan Trainer IoT. Jumlah guru yang berpartisipasi pada kegiatan ini sebanyak 25 dari jurusan Teknik Komputer Jaringan, Tata Busana dan Tata Boga. Metode pelaksanaan pelatihan menggunakan ceramah interaktif, praktek langsung dan tanya jawab dengan tahapan sebagai berikut: mempersiapkan syarat administratif seperti survei lapangan, pembuatan proposal dan kerja sama dengan SMKN Poncol. Setelah itu dilanjutkan pelatihan kepada guru dengan memberikan materi dasar IoT, praktek dan simulasi dan diakhiri dengan pembuatan produk berbasis IoT. Evaluasi hasil pelatihan menggunakan metode Kirkpatrick dengan indikator positif pelatihan peserta yang dinilai. Hasil dari penilaian peserta terhadap pelatihan trainer IoT sebesar 83,4% yang artinya peserta menunjukkan nilai positif yang tinggi.
References
Alyafi, M. A., Anifah, L., Asto B, I. G. P., & Nurhayati, N. (2021). Pengembangan Trainer Kit Mikrokontroler Nodemcu Esp32 Berbasis Iot Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pemrograman, Mikroprosesor, Dan Mikrokontroler Di SMK Negeri 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11(02). https://doi.org/10.26740/jpte.v11n02.p203-212
Chiang, C. L., & Lee, H. (2016). The Effect of Project-Based Learning on Learning Motivation and Problem-Solving Ability of Vocational High School Students. International Journal of Information and Education Technology, 6(9), 709–712. https://doi.org/10.7763/IJIET.2016.V6.779
Ifani, L. N., Harimurti, R., Kholis, N., & Santosa, A. B. (2021). Pengembangan Media Trainer Arduino Uno Berbasis Iot Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Sistem Pengendali Elektronik Di SMKN 1 Jetis. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 10(03). https://doi.org/10.26740/jpte.v10n03.p357-365
Nurhayati, Y. (2018). Penerapan Model Kirkpatrick untuk Evaluasi Program Diklat Teknis Subtantif Materi Perencanaan Pembelajaran Di Wilayah Kerja Provinsi Kepulauan Riau. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 6(2). https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i2.63
Pramudia, Kartikawati, S., & Prastyaningrum, I. (2022). Rancang Bangun Trainer Pembelajaran Mikrokontroler Menggunakan Sistem Internet of Things (IoT). Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 07(2).
Rukmi, H. S., Novirani, D., & Ahmad, S. (2014). Evaluasi training dengan menggunakan model Kirkpatrick (Stadi kasus Training Foreman Development Program di PT. Krakatau Industrial Estate Cilegon). 5th National Industrial Engineering Conference, 1(1).
Setyawan, M. B. (2016). Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Materi Sistem Rangka Manusia ( Studi Kasus Sd Muhammadiyah Terpadu Ponorogo ). Nero, 2(3).
Wardiyanto, M. F., & Yundra, E. (2019). Pengembangan Trainer Kit Mikrokontroller Arduino Uno Berbasis Iot Sebagai Media Penunjang Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Sistem Kontrol Terprogram Di Smk Negeri 1 Jenangan Ponorogo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 8(1).
Yusuf, A. R., Marji, Sutadji, E., & Sugandi, M. (2023). Integration of STEM Project-Based Learning into 21st Century Learning and Innovation Skills (4Cs) in Vocational Education Using SEM Model Analysis. Hacettepe Egitim Dergisi, 38(4). https://doi.org/10.16986/HUJE.2023.499
Yusuf, A. R., & Mukhadis, A. (2018). Model Pengembangan Profesionalitas Guru Sesuai Tuntutan Revitalisasi Pendidikan Vokasi Di Indonesia. Lectura?: Jurnal Pendidikan, 9(2). https://doi.org/10.31849/lectura.v9i2.1613
Copyright (c) 2024 Arief Rahman Yusuf, Angga Prasetyo, Mohammad Bhanu Setyawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang ingin memasukkan naskah untuk diterbitkan pada jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui poin-poin di bawah ini.
- Manuskrip yang diserahkan belum diterbitkan sebelumnya baik secara online maupun cetak.
- Manuskrip yang dikirimkan harus mengandung novelty yang baik. Minimal kebaruan referensi adalah 80% dari total referensi yang digunakan.
- Topik manuskrip harus sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Penulisan manuskrip telah disesuaikan dengan panduan penulisan yang ditentukan oleh Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Abstrak dan kata kunci disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam pengisian metadata penyerahan manuskrip.
- Referensi yang digunakan 75% harus berasal dari sumber primer (jurnal) dan 25% sumber sekunder (buku, majalah, koran, website, dll).