PENDAMPINGAN DAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN UMKM PADA UMKM BINAAN GEREJA KATOLIK SANTO ALOYSIUS GONZAGA MLATI YOGYAKARTA

  • Oscar Chrismadian Noventa Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Raymundo Patria Hayu Sasmita Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Ignatia Ryana Widyatini Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran krusial dalam perekonomian, tetapi sering menghadapi tantangan dalam akses modal, manajemen keuangan, dan persaingan yang ketat. Penyusunan laporan keuangan yang akurat menjadi salah satu hambatan utama bagi UMKM, disertai dengan keterbatasan pengetahuan dalam penggunaan perangkat lunak akuntansi. Abdimas ini mengulas pentingnya pendidikan dan pelatihan dalam penyusunan laporan keuangan untuk UMKM, dengan fokus pada aplikasi Microsoft Excel sebagai alat bantu yang dapat diakses secara luas. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan di Paroki St. Aloysius Gonzaga Mlati bertujuan untuk meningkatkan pemahaman UMKM tentang pentingnya laporan keuangan dalam pengambilan keputusan bisnis. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa masih banyak UMKM yang memerlukan bimbingan intensif untuk meningkatkan kualitas manajemen keuangan mereka. Diharapkan, upaya ini dapat membantu UMKM menghadapi tantangan ekonomi dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan dalam pasar yang kompetitif.

References

Bhuvaneswari, K., Geethalakshmi, V., Lakshmanan, A., Srinivasan, R., & Sekhar, N. U. (2013). The impact of El Nino/ Southern Oscillation on hydrology and rice productivity in the Cauvery Basin, India: Application of the soil and water assessment tool. Weather and Climate Extremes, 2, 39-47.

Brennan, M. A., & Israel, G. D. (2008). The power of community. Community Development, 39(1), 82-97.

Arnani, M., & Aida, N. R. (2020). BLT UMKM dilanjutkan pada 2021, simak kuota, syarat dan cara daftarnya.

Kompas.Com. https://www.kompas.com/tren/ read/2020/12/28/163100965/blt-umkm-dilanjutkan-pada-2021-simak-kuota syarat dan-cara-daftarnya?page=all

Handa Gustiawan. (2019). Pengetahuan akuntansi pelaku usaha mikro kecil dan menengah terhadap laporan keuangan. Jurnal Ilmiah Indonesia, 8(5), 55.

Istanti, L. N., Agustina, Y., Wijijayanti, T., & Dharma, B. A. (2020). Pentingnya penyusunan laporan keuangan umkm bagi para pengusaha bakery , cake and pastry (bcp) di Kota Blitar. Jurnal Graha Pengabdian, 2(2), 163–171.

Rayyani, W. O., Abdi, M. N., Winarsi, E., & Warda, W. (2020). Peningkatan daya saing umkm melalui optimalisasi penyusunan laporan keuangan. Jurnal Dedikasi Masyarakat, 3(2), 97–105.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah, (2008). World Bank. (2015). Worldbank Enterprise Survey. World Bank.

Published
2024-07-29
Section
Articles