PENDAMPINGAN PENINGKATAN PERAN ORGANISASI DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA DI DUSUN SUMBERBULU DESA PENDEM KECAMATAN MOJOGEDANG KABUPATEN KARANGANYAR

  • Winarti Winarti Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Aris Triharyanto Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Budiman Widodo Universitas Surakarta

Abstract

Pendampingan Peningkatan Peran Organisasi dalam Pengembangan Dusun Sumberbulu Desa Wisata di Desa Pendem Kecamatan Mjogedang Kabupaten Karanganyar, di dorong oleh hasil penelitian kami tentang Peran Organisasi Kemasyarakatan terhadap pengembangan desa Wisata. Di desa Pendem. Sektor pariwisata juga sebagai katalisator pembangunan karena mempunyai prospek yang sangat cerah dan menjanjikan serta memberikan banyak keuntungan. Pariwisata merupakan salah satu potensi daerah yang dapat dikembangkan secara mandiri (masyarakat), untuk kesejahteraan masyarakat desa setempat, yang kita kenal sebagai desa wisata. Desa Pendem, kecamatan Mojogedang, kabupaten Karanganyar telah dikembangkan menjadi desa wisata, setelah pandemi Covid – 19 beberap tahun yang lalu, potensi unggulannya adalah kesenian Gamelan dan membatik ciri khas desa Pendem dengan motif “empon-empon”. Melalui “Cuture Educative” kedua budaya unggulan tersebut ditawarkan kepada wisatawan. Pendampingan yang dilakukan oleh tim pengabdian kepada Masyarakat mengadakan pelatihan, workshop, seperti membantu marketing, melakukan promosi secara elektronik (online) dan pendampingan pelatihan Bahasa inggis bagi generasi muda, pembenahan system kerja organisasi POKDARWIS.  

References

Berita Kominfo https://www.kominfogo.id, diakses tanggal 9, pkl. 11, 23’

I Made Antara dan I Nyoman Sukma Arida. 2015. Panduan Pengelolaan Desa Wisata Berbasis Lokal. Pustaka Larasan: Denpasar.

Karanganyar dalam Angka 2023 diakses (https://karanganyarkab.bps.go.id), tgl. 12 Juni 2024 pkl. 21.05’.

Sabardila Atiqa dkk .2022. Mengorek Masa Lalu Menggali Jati Diri Kajian Budaya Ke -2. Yogyakarta: muhammadiyah University Pres.

Pengertian karangtaruna. kelpandansari@semarangkota.go.id, diakses tgl. 20 Juli 2024, pkl. 10.54’.

Published
2024-07-29
Section
Articles