PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN MELALUI PROGRAM TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) DI SDN 03 SLAHUNG PONOROGO
Abstract
Program pendampingan pembelajaran Al-Qur'an di SDN 03 Slahung, Ponorogo, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan memahami Al-Qur'an siswa serta membentuk karakter islami sejak dini. Program ini mengintegrasikan kegiatan Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) ke dalam lingkungan sekolah formal dengan metode iqra' serta penggunaan media audio-visual yang menarik. Pelaksanaan dilakukan secara kolaboratif antara guru, orang tua, dan siswa dengan pendekatan yang partisipatif dan menyenangkan. Evaluasi dilakukan secara berkala untuk mengukur perkembangan siswa dalam membaca, menghafal, serta perubahan perilaku sehari-hari. Hasil program menunjukkan peningkatan kemampuan siswa dan tumbuhnya budaya religius di sekolah. Kegiatan seperti salat berjamaah, membaca Al-Qur'an bersama, dan pembiasaan doa menjadi rutinitas harian. Program ini juga mendorong keterlibatan aktif siswa untuk membangun kesadaran bersama akan pentingnya pendidikan agama. Dengan hasil yang positif, model ini dapat direplikasi di sekolah dasar lain, khususnya di wilayah pedesaan, untuk memperkuat pendidikan karakter berbasis Al-Qur'an dan membangun generasi yang berakhlak mulia.
References
A.Nurfadillah, Saskia, A. E. A., Rivatul.M, A. T., Almuhtadibillah, A., & Kholifatun, U. N. (2024). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Kajian Ilmiah Interdisiplinier, 8(12).
Aini, N., Masruddin, M., Sahrahman, S., Khalilurrahman, K., Faisal, A., Rahimah, R., Hanafi, H., Wahyuni, A., Rahmah, P., & Juleha, S. (2023). Pelatihan Penggunaan Metode Pembelajaran Al-Qur’an Untuk Guru TPA. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(2). https://doi.org/https://doi.org/10.30653/jppm.v8i2.412
Aliya, C., Putri, R. Z., Aminah, Afrizal, M., & Wismanto. (2024). Menggali Keutamaan Al-Qur’an: Pondasi Ajaran Yang Menyatukan Umat. Moral : Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1(4). https://doi.org/https://doi.org/10.61132/moral.v1i4.222
Alqudsi, Z., Sumardi, & Muhibbin, A. (2024). Evaluasi Pengelolaan Pembelajaran Al-Qur’an dalam Penguatan Hafalan dan Bacaan Siswa di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v5i2.7054
Fitriyah, L., Sholihah, I., Hasanah, H., Najiyah, I., & Subaida. (2024). Pendampingan dan Edukasi Orang Tua dalam Membangun Keseimbangan Emosional Anak di TPA Anak Salih Karanganyar, Paiton, Kabupaten Probolinggo. INCOME: Indonesian Journal of Community Service and Engagement, 3(4). https://doi.org/https://doi.org/10.56855/income.v3i4.1265
Ihsan. (2023). Upaya Penguatan Pendidikan Agama Islam Berbasis Literasi Pesantren. Libraria, 6(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v6i1.3832
Julismawati, & Eliana, N. (2024). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 10(3). https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n3.p255-259
Junaidi, M., Wulandari, T., & Irawan, D. (2023). Meningkatkan Keterampilan Berbasis Al-Qur’an melalui TPA Menjadi TPSA di Desa Pulau Layang. LOKOMOTIF ABDIMAS, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.30631/lokomotifabdimas.v2i2.2697
Lu’mu, Ruslan, Firdaus, & Massikki, E. S. R. (2023). PKM Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bagi Guru Di Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat. Abdimas, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.59562/abdimas.v1i1.297
Mukarromah, S., Rosyidah, A., & Musthofiyah, D. N. (2021). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.18860/rosikhun.v1i1.13889
Mundziriy, Z. Al, Darmanto, Sumarno, & Bermi, W. (2023). Peran Penting Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Dalam Memperkuat Pendidikan Karakter Religius Anak Usia Dini. Journal Al-Maun: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).
Nabihasnah, H. M., Alhayyu, M., & Gusmaneli. (2025). Strategi Pembelajaran Pendidikan Islam Melalui Pendekatan Storytelling untuk Membentuk Akhlak Mulia Anak Usia Dini. Reflection : Islamic Education Journal, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.61132/reflection.v2i2.793
Noer, S., & Rusydiyah, E. F. (2019). Model Evaluasi Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Berbasis Coin Pro 2 (Studi Komparasi Pembelajaran Tahfidz Di Turki, Malaysia Dan Indonesia). Edureligia, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33650/edureligia.v3i2.1128
Octoranda, P. S., Rukajat, A., & Arifin, Z. (2021). Pemanfaatan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4).
Patma.H. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Membaca Al Quran Menggunakan Metode Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Minhaj: Jurnal Pendidikan Islam, 6(4).
Razaq, J. A., Supriyanto, A., Budiarso, Z., Suharmanto, E. T., & Kasprabowo, T. (2025). Penerapan Pembelajaran Berbasis Konvensional dengan Teknologi Informasi pada TPQ Raudhatul ‘Ulum Manyaran Kota Semarang. INTIMAS Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.35315/intimas.v5i1.9931
Safitri, M. (2025). Pemanfaatan Aplikasi Belajar Al-Qur’an Qara’a Dilengkapi Teknologi Artificial Intelligence (AI) Meningkatakan Taraf Baca Al-Qur’an. Manajemen Business Innovation Conference-MBIC. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/MBIC/index
Thoriq, M., Al-Fath, M. R., & Wibowo, E. (2024). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) dalam Mengembangkan Kualitas Bacaan Qur’an pada Murid Sebagai Kader Guru TPA. KEAGAMAAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.32764/abdimasagama.v5i2.4452
Wirayuda, A. P., Fahrezi, A., Pasama, D. R., Ani, M. N., & Noor, A. M. (2023). Islam Dan Tantangan Dalam Era Digital: Mengembangkan Koneksi Spiritual Dalam Dunia Maya. Al-Aufa : Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 05(01). https://doi.org/https://doi.org/10.32665/alaufa.v5i1.1618
Copyright (c) 2025 Abdul Hafidz bin Zaid, Riza Ashari, Yusuf Al Manaanu, Hilmi Abdil Hafizh, Andi Muhammad Zulzalal, Muhammad Diffa Maula Al-Afath, Ahmad Affandy Nasution, Fillah Fahrezi, Rais Azzaky, Mohammad Arief Rismawan, Muhammad Hasyim Abbas, Teguh Prasetyo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang ingin memasukkan naskah untuk diterbitkan pada jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui poin-poin di bawah ini.
- Manuskrip yang diserahkan belum diterbitkan sebelumnya baik secara online maupun cetak.
- Manuskrip yang dikirimkan harus mengandung novelty yang baik. Minimal kebaruan referensi adalah 80% dari total referensi yang digunakan.
- Topik manuskrip harus sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Penulisan manuskrip telah disesuaikan dengan panduan penulisan yang ditentukan oleh Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Abstrak dan kata kunci disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam pengisian metadata penyerahan manuskrip.
- Referensi yang digunakan 75% harus berasal dari sumber primer (jurnal) dan 25% sumber sekunder (buku, majalah, koran, website, dll).