PROGRAM PENINGKATAN SELF-ESTEEM DENGAN MODEL E-KONSELING ISLAMI PADA SISWA SMP NEGERI 3 UNGARAN

  • Ernest Ceti Septyanti Universitas Negeri Semarang
  • Awalya Awalya Universitas Negeri Semarang
  • Adinuringtyas Herfi Rahmawati Universitas Negeri Semarang
  • Nurzaida Nurzaida Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Intan L Mayastuty Universitas Negeri Semarang
  • Azmia K Labibah Universitas Negeri Semarang
Keywords: Self-esteem siswa, Layanan E-Konseling, Pendekatan Konseling Islami.

Abstract

Self-esteem pada siswa merupakan faktor penting untuk tumbuh kembang, khususnya saat berada di lingkungan sekolah yang memberi banyak pengalaman belajar untuk mendukung keberhasilan akademik siswa. Berdasarkan hasil asesmen awal yang dilakukan dalam rangka pelaksanaan program pengabdian masyarakat di SMP Negeri 3 Ungaran terindikasi sebanyak 7% dari total siswa kelas 8 memiliki low self-esteem yang berpengaruh negatif terhadap prestasi akademik mereka. Selam aini sekolah dalam layanan konselingnya belum memberikan perhatian khusus pada faktor self-esteem pada siswa, khususnya saat menangani masalah siswa dengan kesulitan belajar di sekolah. Hal ini karena adanya keterbatasan jumlah guru BK di sekolah dan kemampuan teknis konseling para guru BK. Pendekatan konseling Islami diterapkan sebagai strategi konseling, karena mayoritas siswa dan guru BK beragama islam, dengan tujuan menyeimbangkan aspek spiritual, emosional, dan sosial para siswa. Model E-Konseling yang diterapkan bertujuan meningkatkan pembiasaan adaptasi di era digital, selain karena alasan fleksibilitas dan aksesibilitas. Namun tantangan dalam membangun hubungan interpersonal antara konselor dan siswa, menuntut tindak lanjut kebijakan sekolah untuk pengembangan program layanan konseling dan peningkatan keterampilan para guru BK di sekolah. Lingkungan yang mendukung dan penuh empati sangat penting guna membantu siswa membangun self-esteem secara positif dan mencapai potensi terbaik mereka.

References

Almaiah, M. A., Al-Khasawneh, A., & Althunibat, A. (2020). Exploring the critical challenges and factors influencing the E-learning system usage during the COVID-19 pandemic. Education and Information Technologies, 25(6), 5261–5280. DOI:10.1007/s10639-020-10219-y.

Alqahtani, A. Y., & Rajkhan, A. A. (2020). E-learning critical success factors during the COVID-19 pandemic: A comprehensive analysis of E-learning managerial perspectives. Education Sciences, 10(9), 1–16.

Burks, Martez E. (2019). An Investigation of Racial Identity, Self-esteem and Its Relationship to Academic Self-Concept among African American Undergraduate Students at Historically Black Colleges and Universities. A Dissertation Submitted to the Graduate School of Tennessee State University in Partial Fulfilment of the Requirements for the Degree of Doctor of Philosophy, 148 (Self Esteem, Self concept), 148–162.

Chozin, Nur. (2019). Pengembangan Layanan E-Konseling Sebagai Media Penunjang Layanan Bimbingan dan Konseling, 50 Jurnal Hanata Widya, Volume 8 Nomor 1 Tahun 2019.

Coopersmith. (1987). The antencedents of self-esteem. San Fransisco: Freeman Press.

Csiernik, R., Furze, P., Dromgole, L., & Rishchynski, G. M. (2006). Information technology and social work - The dark side or light side?. Journal of Evidence-Based Social Work, 3 (3-4), 9-25.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Peraturan menteri pendidikan nasional nomor 27 tahun 2008 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi konselor. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Fahyuni, E. F., Akbar, D., Hadi, N., Haris, M. I., & Kholifah, N. (2020). Model aplikasi cybercounseling Islami berbasis website untuk meningkatkan self-regulated learning siswa SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, Volume 7, No. 1, April 2020 (93-104). https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.34225.

Gagnon, J.C., Steinberg, M.A., Crockett, J., Murphy, K.M., & Gaddis, J. (2013). IDEA-related professional development in juvenile corrections schools. Journal of Special Education Leadership. 26(2), 93–105.

Hasna, A. (2019). Hubungan antara Keterbukaan Diri dan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Ungaran TA 2018/2019. UNNES: Semarang.

Ifdil. (2011). Penyelenggaraan Layanan Konseling Online Sebagai Salah Satu Bentuk Pelayanan E-Konseling. Paper presented at the International Seminar & Workshop on Contemporary and Creative Counselling.

Jane. Fleming, MD, Nancy L. Kocovski, PhD Foreword by Zindel V. Segal, P. (n.d.). The Mindfulness & Acceptance Workbook for Social Anxiety and Shyness (2013th ed.). New Harbinger Publications, Inc.

Kadir, Abdul. (2008). Tuntunan Praktis Belajar Database Menggunakan MySQL. CV Andi Offset: Yogyakarta.

Kamil, M.L., Borman, G.D., Dole, J., Kral, C.C., Salinger, T., Torgesen, J. (2008). Improving Adolescent Literacy: Effective Classroom and Intervention Practices: A Practice Guide (NCEE #2008-4027). Washington, DC: National Center for Education Evaluation and Regional Assistance, Institute of Education Sciences, U.S. Department of Education. Retrieved from http://ies.ed.gov/ncee/wwc.

M., Dwi Bhakti Indri, Sugiharto, D. Y. P., & Purwanto, Edy. (2016). Pengembangan Model Konseling Kelompok Dengan Teknik Spirituality-Cognitive Restructuring Untuk Meningkatkan Self-esteem Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 5(2), 100–106.

Martez Emery Burks. (2019). An Investigation of Racial Identity, Self-esteem and Its Relationship to Academic Self-Concept among African American Undergraduate Students at Historically Black Colleges and Universities. A Dissertation Submitted to the Graduate School of Tennessee State University in Partial Fulfilment of the Requirements for the Degree of Doctor of Philosophy, 148 (Self Esteem, Self concept), 148–162.

Sutoyo, Anwar. (2019). Konseling Islam. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Published
2025-05-24
Section
Articles