COPTREN (COMMUNITY PEER SUPPORT PESANTREN) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL EMOSIONAL SANTRI DI PONPES SABILURRASYAD KENDAL
Abstract
Pondok Pesantren Modern Islam Sabilurrasyad merupakan lembaga pendidikan dan pelatihan untuk menyiapkan generasi muslim yang Bertaqwa, Berakhlaq mulia, Amanah, Unggul dan Berwawasan lingkungan. Kehidupan di Pondok Pesantren memiliki dinamika yang unik dan beragam. Rendahnya kepekaan diri terhadap Keterampilan Sosial Emosional menjadi isu serius. Para Santri belum sepenuhnya memiliki kecakapan sosial dan emosional dalam bahasa sehari-hari seperti belum pandai mengelola emosi dan pikiran, mudah cemas, close-minded dengan perbedaan, mudah egois, belum pandai bergaul, sikap pesimis, dan kurang percaya diri. Solusi yang diajukan dalam pengabdian ini adalah COPTREN (Community Peer Support Pesantren), yang bertujuan mempromosikan dukungan Psikologis dan meningkatkan kompetensi hubungan sosial bagi Para Santri. Program ini merupakan program pelatihan menggunakan metode seperti ekspositori, diskusi kelompok, problem solving, dan project-based learning, dengan media video edukasi, poster, dan modul COPTREN. COPTREN melibatkan warga pondok pesantren Islam Sabilurrasyad, Kabupaten Kendal, yang meliputi Pengasuh, Pengajar, dan Para Santri dalam rangka menciptakan pola keajegan yang saling mendukung sebagai social support. Metode pelaksanaan menggunakan istilah 6P terdiri atas: (1) persiapan; (2) persiapan bahan; (3) pengenalan; (4) pelatihan; (5) penutup; dan (6) pelaporan. Hasil menunjukkan adanya peningkatan keterampilan sosial emosional santri secara signifikan. Program ini juga berhasil membentuk kader-kader konselor sebaya yang memiliki peran sebagai pionir dalam mengedukasi teman sejawat dalam interaksi hablumminnas di pesantren. Program ini sangat penting dalam basis keberlanjutan dan dapat disisipkan dalam setiap kegiatan di lingkungan pesantren untuk menciptakan iklim sosial emosional yang kondusif
References
Afriwilda, M.T., & Mulawarman, M., (2021). The effectiveness of motivational interviewing counseling to improve psychological well-being on students with online game addiction tendency, 4(1), 106-115.
Andriyani, A., Himma, A.D., Alizar, S.A., Amin, Z.N., & Mulawarman, M. (2017). The Relationship of Anxiety, School Burnout and Well-Being in High School Students, 158, 130-135.
Ardila, Y., Sutoyo, A., & Mulawarman, M. (2020). Keefektifan kelompok psikoedukasi dengan teknik modeling untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa, 5(1), 34-49.
As Sururi, M.M., & Muslikah, M., (2020). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Aktualisasi Diri Dengan Harga Diri Remaja Panti Asuhan Di Purbalingga, 7(1), 36-42
Avandra, R., & Neviyarni, S. (2023). Pembelajaran sosial emosional terhadap motivasi belajar peserta didik di sekolah dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5560-5570.
Azizah, N. A., Istiqomah, N. Q., & Asih, F. Y. (2023). Pelatihan masa depan untuk harapan dan keterampilan sosial pada santri. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 15(1), 1-8.
Dewi, D.L.K.D., & Muslikah, M., (2021). Hubungan Coping Stres Dan Dukungan Sosial Dengan Stres Akademik Pada Pembelajaran Jarak Jauh, 2(02), 121-129.
Faizah, N., & Liliana, I. (2025). Menumbuhkan Sikap Sosial Emosional EMC2 Terhadap Psychological Well-Being pada Siswa Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 15(1), 13-22.
Fatihah, N. L. (2024). Mengelola Emosi Stres Dan Tekanan Pada Perkembangan Emosi Dalam Masa Dewasa Muda. Jurnal Ilmu Pengetahuan Naratif, 5(3).
Febrianti, T., & Mulawarman, M. (2019) Peningkatan Perilaku Prososial Siswa Melalui Konseling Teman Sebaya Berbasis Kecakapan Hidup, 3(3), 293-300.
Hanifa, H.P., & Muslikah, M. (2019). Hubungan antara konformitas teman sebaya ditinjau dari jenis kelamin dengan kepatuhan terhadap tata tertib sekolah, 5(2), 136-153.
Hariyadi, S., & Muslikah, M., (2016) Pengembangan Model Peer Counseling Sebagai Media Pengalaman Praktik Konseling, 5(3), 48-52
Harmiliya, R., Mulawarman, M., & Nusantoro, E., (2019). Pola relasi sosial teman sebaya ditinjau dari penggunaan media sosial pada siswa, 8(1), 1-6.
Haryati, A., Wibowo, M.E., & Mulawarman, M., (2017). Model Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Empati Siswa SMP, 6(1), 28-33.
Hertinjung, W. S., Nuryanti, L., Anganthi, N. R. N., Rochana, I. P., & Shobabiya, M. (2024). Promosi kesehatan mental melalui pelatihan keterampilan sosial pada warga pondok pesantren. Warta LPM, 81-89.
Hotifah, Y. (2015). Penyelesaian Permasalahan Santri melalui Peer Helping Indigenius.
Imanti, V., Puspitasari, M., & Al Fatah, M. H. (2023). Keterampilan Sosial Adab Berteman Santri Baru (Perspektif Psikologi Islam). Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 16(2), 349-362.
Masyithah, M. (2021). Penerapan Teknik Keterampilan Sosial Emosional pada Pembelajaran IPA Materi Bioteknologi dan Produksi Pangan Siswa Kelas IX-1 di SMP Negeri 4 Bolo Tahun Pelajaran 2020/2021. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 1(2), 135-146.
Mulawarman, M., Antika, E.R., Hariyadi, S., Soputan, S.D.M., Saputri, N.R., & Saputri, F.Q., (2022). Konseling Online Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis, 5(3), 266-274.
Munawaroh, E., Muslikah, M., Suharso, S., & Rosdiana, G., (2017). Relationship Between Hope, Religiusity, Social Support, Resilience And Subjective Well-Being 7(2).
Muslikah, M. (2013) Bimbingan Teman Sebaya Untuk Mengembangkan Sikap Negatif Terhadap Perilaku Seks Tidak Sehat, 2(1).
Muslikah, M., (2016). Respon Mahasiswa Terhadap Praktik Peer Counseling Pada Mata Kuliah Ketrampilan Dasar Konseling, 8(1), 25-29.
Muslikah, M., (2021). Metode Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Alquran (Btq) Secara Baik Dan Benar Sesuai Dengan Kaidah Ilmu Tajwid Di Mts. Negeri 2 Sragen, 1(1),136-140.
Muslikah, M., Sugiharto, D.Y.P., Sugiyo, S., & Sutoyo, A., (2022). Psikoedukasi Kelompok dengan Peer Support untuk Meningkatkan Career Adaptability Santri di Pesantren, 5(1).
Muslikah, M., Sugiharto, D.Y.P., Sugiyo, S., Sutoyo, A., & Kholiq, A., (2022). Adolescent Peer Support Profile at School, 8, 1302-1304.
Muslikah, M., Sutoyo, A., & Sutikno, U.G., (2021). Religiusity of Counselor Candidates in Islamic Counseling: Study of Mixed Methods in Guidance and Counseling Department, 15(1), 83-90.
Ningrum, F.S., Purwanto, E., & Mulawarman, M. (2021). The effect of self-compassion and islamic spiritual orientation on academic anxiety, 10(2), 142-147.
Ningrum, M. A., & Wardhani, A. M. R. (2021). Pengembangan Buku Panduan Anti-Bullying untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial-Emosional Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(3), 131-142.
Nuha, M. S., Hidayah, N., & Wahyuni, F. (2024). Model Pelatihan Peer-Counseling pada Mahasiswa: Tinjauan Literatur Sistematis. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling.
Nurkhin, A., Rohman, A., & Prabowo, T. J. W. (2024). Accountability of pondok pesantren; a systematic literature review. Cogent Business & Management, 11(1), 2332503.
Pastimo, O.F., & Muslikah, M., (2022). The Relationship between Self-Acceptance and Social Support with Self-Confidence in Madrasah Tsanawiyah, 16(2), 90-99.
Pratiwi, T.T., & Mulawarman, M. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosi dan Religiusitas Terhadap Kesejahteraan Psikologis Pada Remaja di Sma Negeri 12 Semarang, 8(1), 15-24.
Primaheni, F., Purwanto, E., & Mulawarman, M. (2021). The Effect of Gratitude, and Self-Awareness on the Happiness of Islamic Boarding School Students, 10(3), 193-198.
Safarina, N. A., Pratama, M. F. J., Nada, Q., Natasya, N., Mawaddah, M., Dinarafqiya, D., ... & Anastasya, A. (2024). MENINGKATKAN EMOTIONAL WELL-BEING UNTUK MENGURANGI KONFLIK ANTAR TEMAN SEBAYA. Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS, 2(6), 1572-1581.
Setyawan, N., Muslikah, M., & Sutoyo, A., (2025). Bimbingan Dan Konseling Islami Untuk Meningkatkan Psychologycal Well-Being Pada Remaja, 15(1), 40-51.
Suargani, G., & Muslikah, M., (2021). The Correlation between Peer Conformity, Time Management and Online Game Addiction in Senior High School Students, 58(4), 713-714.
Sugiyo, S., Muslikah, M., Antika, E.R., & Sutikno, U.G., (2019). Profil Psychological Well-Being pada Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019, 4(1), 116-120.
Sukarti, S., Kusnarto, K., & Mulawarman, M., (2018). Mengurangi Bullying Verbal melalui Konseling Kelompok dengan Teknik Kontrak Perilaku, 7(1), 52-59.
Wahyuningtyas, N., & Muslikah, M., (2022). Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua dan Self-Regulated Learning dengan Prestasi Belajar, 11(2), 49-63.
Witri, A.A., & Muslikah., (2022). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dan Dukungan Sosial Keluarga Dengan Kematangan Karier Siswa Smk, 8(1), 25-34.
Yuliana, Y. & Muslikah, M., (2021). Hubungan antara Empati dan Konformitas Teman Sebaya dengan Perundungan Verbal Siswa, 4(1), 14-19.
Copyright (c) 2025 Muslikah Muslikah, Mungin Eddy Wibowo, Mulawarman Mulawarman, Bagas Kurnianto, Qanita Najla Nazhifa, Sintiani Sintiani, Hadziq Muhibbuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang ingin memasukkan naskah untuk diterbitkan pada jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui poin-poin di bawah ini.
- Manuskrip yang diserahkan belum diterbitkan sebelumnya baik secara online maupun cetak.
- Manuskrip yang dikirimkan harus mengandung novelty yang baik. Minimal kebaruan referensi adalah 80% dari total referensi yang digunakan.
- Topik manuskrip harus sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Penulisan manuskrip telah disesuaikan dengan panduan penulisan yang ditentukan oleh Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Abstrak dan kata kunci disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam pengisian metadata penyerahan manuskrip.
- Referensi yang digunakan 75% harus berasal dari sumber primer (jurnal) dan 25% sumber sekunder (buku, majalah, koran, website, dll).