PELATIHAN MANAJEMEN PROYEK DI SMK NEGERI 2 KLATEN DAN SMK MUHAMMADIYAH 1 KLATEN UTARA
Abstract
Sumber daya manusia di bidang konstruksi dapat dicetak sejak jenjang pendidikan menengah kejuruan, khususnya melalui siswa-siswi SMK dengan kejuruan berbasis konstruksi. Kabupaten Klaten memiliki lima SMK yang fokus pada bidang ini, dua di antaranya adalah SMK Negeri 2 Klaten dan SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara. Meskipun memiliki potensi besar dalam bidang teknik dan manajemen proyek, masih banyak siswa yang belum memiliki pemahaman profesional dalam pengelolaan proyek. Untuk itu, kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis edukasi dilakukan dalam bentuk pelatihan manajemen proyek, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia konstruksi di Kabupaten Klaten. Pelatihan dilaksanakan pada Januari 2025, diikuti oleh siswa kelas XI jurusan DPIB dan TKBB dari kedua sekolah tersebut, dengan total peserta 105 siswa. Materi pelatihan meliputi pengenalan proyek, manajemen proyek, serta kesehatan dan keselamatan kerja (K3). Kegiatan ini mencakup pre-test, penyampaian materi, diskusi interaktif, quiz, dan post-test. Hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran siswa terhadap pentingnya pengelolaan proyek konstruksi secara profesional dan aman.
References
Husen. A. 2010. Manajemen Proyek perencanaan, Penjadwalan, dan Pengendalian Proyek. Andi Offset. Yogyakarta.
Rasyiid Lathiif Amhudo, 2023, Pengabdian Masyarakat di SMK Negeri 1 Klego, Fakultas Teknik UTP, Surakarta.
Prafitasiwi, A. G., Ayunaning, K., Sutrisno, R. D., Alfianidah, R., & Leowanda, D. (2023). Pelatihan Manajemen Waktu Proyek Konstruksi Berbasis Aplikasi Microsoft Project Pada Siswa SMA/SMK. DedikasiMU : Journal of Community Service, 5(2), 199–206.. https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v5i2.5500
Sandi, P. V., Murni, V., Baskara, G. M. B., Moa, M. J., Gondia, M., & Rusdi, E. (2022). Pelatihan manajemen proyek konstruksi sederhana untuk peningkatan pengetahuan bagi siswa sekolah menengah kejuruan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(6), 4486–4497. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i6.10836
Perwitasari, D., Herzanita, A., & Ririh, K. R. (2021). Pelatihan manajemen proyek pada siswa SMK untuk meningkatkan kompetensi. Jurnal JANATA, 1(1), 7–12. https://doi.org/10.35814/janata.v1i1.2367
Copyright (c) 2025 Herman Susila, Gatot Nursetyo, Yusuf Agtya Putra, Aldi Eka Saputra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang ingin memasukkan naskah untuk diterbitkan pada jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui poin-poin di bawah ini.
- Manuskrip yang diserahkan belum diterbitkan sebelumnya baik secara online maupun cetak.
- Manuskrip yang dikirimkan harus mengandung novelty yang baik. Minimal kebaruan referensi adalah 80% dari total referensi yang digunakan.
- Topik manuskrip harus sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Penulisan manuskrip telah disesuaikan dengan panduan penulisan yang ditentukan oleh Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Abstrak dan kata kunci disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam pengisian metadata penyerahan manuskrip.
- Referensi yang digunakan 75% harus berasal dari sumber primer (jurnal) dan 25% sumber sekunder (buku, majalah, koran, website, dll).