PENDAMPINGAN FOTOGRAFI PRODUK UNGGULAN DESA TLINGSING KABUPATEN KLATEN MELALUI SMARTPHONE
Abstract
Fotografi kini menjadi bagian penting dalam kehidupan, terutama dalam membuka peluang usaha. Salah satu tujuan fotografi adalah untuk membantu promosi suatu produk, khususnya kain tenun yang menjadi produk unggulan di Desa Talingsing, Kabupaten Klaten. Salah satu unsur yang mendorong penjualan produk adalah fotografi produk. Fotografi media digital dilakukan dengan menggunakan telepon pintar (smartphone), seperti iPhone, Android, atau kamera DSLR, dengan satu atau dua aplikasi, lensa tambahan, dan latar belakang kotak atau kertas. Inisiatif promosi produk dapat mendongkrak ekonomi dan pariwisata setempat. Mengambil foto produk yang menarik perhatian merupakan salah satu cara untuk mendukung promosi. Mengetahui cara mengambil foto produk merupakan komponen penting dari kampanye pemasaran yang bertujuan untuk menarik pelanggan. Untuk itu, diperlukan pelatihan teknik fotografi agar dapat mengambil foto produk. Dengan bantuan beberapa mahasiswa dari Program Studi Desain Komunikasi Visual, dosen dari program studi tersebut melaksanakan pengabdian kepada masyarakat ini. Berdasarkan monitoring dan evaluasi yang dilakukan selama kegiatan, keterampilan peserta workshop dalam menggunakan teknik fotografi untuk mengambil foto produk yang menarik dan berkualitas meningkat hingga 64%.
References
Agustin, D., Rushadiyati, R., Asim, A., Ahmadun, A., & Nurminingsih, N. (2022). Pelatihan Membuat Foto Produk dengan Kamera Smart-Phone Bagi Usaha Mikro Kecil di Kelurahan Cilangkap, Jakarta Timur. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat (Pamas), 6(1), 39–44. https://doi.org/10.52643/pamas.v6i1.1969
Banyumas, K., & Majid, M. R. N. (2022). Pelatihan Fotografi Produk Pada Kelompok Masyarakat Desa Rempoah, Kabupaten Banyumas. Jurnal Abdimas Musi Charitas, 6, 1–6.
Fitriyah, F., Rochmah, N. N., Hakim, L., Kurniawati, E., Sintiya, T., Arifan, M. V., Azizah, P. N., Rosyidah, A. D., Avanti, L. S., Nada, E. Q., Ilham, M., Rosy, F., Masykur, A., Ni, W., Biarfiunsta, I., Ariyanto, R., & Hidayah, A. (2024). Pelatihan Foto Produk dan Pemasaran Online untuk Mengembangkan UMKM di Desa Semen. Welfare : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 163–169.
Merliyana, M., Saefurahman, A., Burdah, A., Hendrawati, H., Chandra, R., Sulistyowati, S., & Syamsuar, G. (2021). Pelatihan Fotografi Produk untuk Menambah Ketrampilan Berpromosi. PROGRESIF: Jurnal Pengabdian Komunitas Pendidikan, 1(2), 96–103. https://doi.org/10.36406/progresif.v1i2.415
Primadewi, A., Anwar, T. M., Yustin, & Et.al. (2020). Penguatan Pemasaran Produk UMKM Ashfa Madu Borobudur Melalui Strategi Product Branding. JPKM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(3),154-161. https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i3.17683
Purbohastuti, A. W., Lusianingrum, F. P. W., Hidayah, A. A., Ari bowo, D., & Desmira. (2021). Peningkatan SDM UMKM Melalui Pengayaan Packaging Produk di Kecamatan Jombang Kota Cilegon. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 375-383. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i2.5323
Purwanto, Y. S., & Veranita, M. (2018). Pelatihan Fotografi Dasar Bagi Pelaku Usaha Kecil Dan Menengah (Ukm) Kecamatan Lengkong Kota Bandung. Dharma Bhakti Ekuitas, 2(2), 205–211. https://doi.org/10.52250/p3m.v2i2.74
Ratnaningtyas, R. P. (2022). Pelatihan Foto Produk bagi Aswan Snack. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 497. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i2.5186
Rifa’i, B. (2013). Efektivitas Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Krupuk Ikan dalam Program Pengembangan Labsite Pemberdayaan Masyarakat Desa Kedung Rejo Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo. Journal Unair, 1(1), 130–136.
Saptiyono, A., Watie, E. D. S., & Febriana, K. A. (2021). Pelatihan Fotografi Produk Bagi UMKM Kelurahan Gebangsari. Tematik, 3(1), 2775–3360. https://journals.usm.ac.id/index.php/tematik/article/view/3033
Sariningsih, A., Barat, J., & Media, S. (2021). Pelatihan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Dan Menengah ( UMKM ) Berbasis Digital di Kecamatan Citeureup. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, 1(1), 31–36.
Syaukani. (2004). Efektifitas Pemekaran Daerah Di Kelurahan Semanggi dan Kelurahan Kadipiro. Defin Tentang Implementasi. 2004, 295.
Utami, A. R., Ratnasari, K., & Fahririn, F. (2023). Pelatihan Dan Pendampingan Foto Produk Sebagai Media Promosi. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(4), 2351–2357.
Utami BHS, Gumanti M, Dewi NAK. Pelatihan Pemasaran Online Usaha Home Industry Kerajinan Semen Pekon Keputran Kabupaten Pringsewu. Lumbung Inov J Pengabdi Kpd Masy. 2021;6(1):10–5 Iklan Pariwisata Desa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 1689–1699. https://doi.org/10.36312/linov.v6i1.475
Copyright (c) 2025 Evelyne Henny Lukitasari, Ahmad Khoirul Anwar, Noviana Dewi, Indah Tri Susilowati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang ingin memasukkan naskah untuk diterbitkan pada jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui poin-poin di bawah ini.
- Manuskrip yang diserahkan belum diterbitkan sebelumnya baik secara online maupun cetak.
- Manuskrip yang dikirimkan harus mengandung novelty yang baik. Minimal kebaruan referensi adalah 80% dari total referensi yang digunakan.
- Topik manuskrip harus sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Penulisan manuskrip telah disesuaikan dengan panduan penulisan yang ditentukan oleh Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Abstrak dan kata kunci disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam pengisian metadata penyerahan manuskrip.
- Referensi yang digunakan 75% harus berasal dari sumber primer (jurnal) dan 25% sumber sekunder (buku, majalah, koran, website, dll).