PERAN POKDARWIS DALAM MEMPROMOSIKAN PRODUK LOKAL DESA WISATA PUNTUK REJO

  • Maya Sekar Wangi Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Fikriana Mahar Rizqi Universitas Slamet Riyadi Surakarta
Kata Kunci: Desa wisata, POKDARWIS, pendampingan

Abstrak

Penetapan desa Puntuk Rejo sebagai desa wisata dinilai strategis, terutama untuk mendorong keterlibatan masyarakat setempat dalam pembangunan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Tentunya untuk mewujudkan desa wisata dengan hasil yang optimal, harus didukung oleh fasilitas dan sumber daya manusia/SDM yang memadai, salah satunya dimulai dengan pembentukan lembaga yang aktif dalam kegiatan pariwisata. BUMDes memfasilitasi pembentukan kelompok masyarakat sadar wisata / POKDARWIS Puntuk Rejo agar masyarakat dapat membangun desa wisata. BUMDes bersama POKDARWIS saling melengkapi dalam mewujudkan desa wisata yang berkelanjutan. Pengembangan lebih lanjut BUMDes desa bersama dengan POKDARWIS mulai mendirikan desa wisata. Desa-desa wisata tersebut selanjutnya ditetapkan kegiatannya berdasarkan keunggulan desa-desa tersebut, sehingga dapat disebut desa dengan ciri khusus seperti desa ubi, desa karet, desa jambu, desa jamu, desa aglonema dan lain- lain. Untuk mempromosikan produk-produk lokal tersebut, setiap POKDARWIS mengiklankan dan memasarkan baik secara offline maupun online. Dari Tim Pengabdian Kepada Masyarakat UNISRI memberikan kegiatan pendampingan kepada POKDARWIS mulai dari manajemen pemasaran hingga presentasi dan promosi produk lokal di Desa Wisata Puntuk Rejo baik secara ofline maupun online. Solusi yang diajukan adalah Pengantar membuat paket wisata; memperkenalkan tempat wisata; Memperkenalkan peluang untuk mempromosikan produk lokal di media sosial; Outcome dari kegiatan ini diharapkan POKDARWIS memiliki keahlian dalam mempromosikan produk desa wisata lokal.

Referensi

Andy, H. (2020, May 13), Mempromosikan Destinasi Wisata di Masa Pandemi COVID-19.

Bagaimana Caranya? Diambil kembali dari PT Eticon Rekayasa Teknik: https://eticon.co.id/promosi- wisata-di-tengah-covid-19/

Arifin, A. (2017). Pendekatan Community Based Tourism Dalam Membina Hubungan Komunitas Di Kawasan Kota Tua Jakarta. Jurnal Visi Komunikasi, 111-130.

Budiarta, L. G. (2020). Pemberdayaan POKDARWIS Bersinergi Dengan BUMDes Dalam Mengembangkan Pariwisata di Desa Panji, Proceeding Senadimas Undiksha(hal. 683). Bali: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pendidikan Ganesha.

Demartoto, A. (2009). Pembangunan pariwisata berbasis masyarakat. Sebelas Maret University Press.

Saugi, W. &. (2015). Pemberdayaan perempuan melalui pelatihan pengolahan bahan pangan lokal. JPPM (Jurnal pendidikan dan pemberdayaan masyarakat), 226-238.

Vitalaya, A. (2016). Pemberdayaan Perempuan Dari Masa ke Masa. Bandung: Alfa Beta.

Diterbitkan
2024-07-31
Bagian
Articles