PELATIHAN PEMBUATAN KARYA ECOPRINT PADA SISWA SD SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN LINGKUNGAN SDN 52 KOTA BENGKULU

  • Ike Kurniawati Universitas Bengkulu
  • Yuli Amaliyah Universitas Bengkulu
  • Ratna Sari Universitas Bengkulu
  • Wahyutri Nur'aini.RY Universitas Bengkulu
  • Faizah Adilah Universitas Bengkulu
Kata Kunci: ecoprint, pelestarian lingkungan, sekolah dasar

Abstrak

Pelatihan pembuatan karya ecoprint di sekolah dasar adalah sebuah kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan konsep seni ramah lingkungan kepada siswa-siswa di tingkat dasar. Khalayak sasaran dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah siswa kelas IV SDN 52 Kota Bengkulu. Kegiatan dimulai dengan pendahuluan tentang apa itu ecoprint dan pentingnya praktik seni yang ramah lingkungan. Para siswa diperkenalkan dengan konsep bahan-bahan alami yang dapat digunakan dalam ecoprint, seperti daun, bunga, dan rempah-rempah. Tim Pengabdi memperlihatkan secara langsung kepada siswa bagaimana cara membuat karya ecoprint. Setelah demonstrasi, para siswa diberi kesempatan untuk mencoba membuat karya ecoprint sendiri. Setelah selesai membuat karya ecoprint. Dilakukan sesi diskusi untuk menggali pengalaman siswa selama proses pembuatan. Kegiatan ditutup dengan merangkum pembelajaran yang didapat oleh siswa selama pelatihan. Siswa juga diminta untuk memamerkan karya-karya mereka, sehingga dapat memberi inspirasi kepada siswa lainnya. Terakhir, dilakukan evaluasi terhadap kegiatan pelatihan ini. Kegiatan pelatihan ini tidak hanya mengajarkan keterampilan seni kepada siswa, tetapi juga meningkatkan kesadaran mereka akan pentingnya menjaga lingkungan serta memanfaatkan sumber daya alam secara bertanggung jawab

Referensi

Faridatun, F. (2022). Ecoprint ; Cetak Motif Alam Ramah Lingkungan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v5i1.900

Hikmah, A. R., & Retnasari, D. (2021). Ecoprint Sebagai Alternatif Peluang Usaha Fashion Yang Ramah Lingkungan. Universitas Negeri Yogyakarta, 6(1), 1–5.

Istianah. (2015). Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup Dalam Perspektif Hadis. Riwayah, 1(2), 249–269.

Karim, A. (2018). Mengembangkan Kesadaran Melestarikan Lingkungan Hidup Berbasis Humanisme Pendidikan Agama. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 12(2), 309. https://doi.org/10.21043/edukasia.v12i2.2780

Nur Arifin, A., Ayu Rosidah, N., Tri Fauzan, R., Pinasti, R., Aulia Barokah, R., Izzatur Rahmah, S., Suciati, A., & Rufaidah, R. (2022). Pelestarian Lingkungan Sekolah Sdn Margahayu Xix Bekasi. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LP UMJ, 129–137. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat

Diterbitkan
2025-06-27
Bagian
Articles