PROGRAM GEMBIRA: PENGUATAN GERAKAN MEMBANGUN KELUARGA BAHAGIA DAN SEJAHTERA PADA MASYARAKAT DI KABUPATEN SEMARANG

  • Muslikah Muslikah Universitas Negeri Semarang
  • Ashari Mahfud Universitas Negeri Semarang
  • Edwindha Prafitra Nugraheni Universitas Negeri Semarang
  • Sinta Saraswati Universitas Negeri Semarang
  • Dian Purbo Utomo Universitas Negeri Semarang
  • Ifan Setiawan Universitas Negeri Semarang
  • Dyah Ayu Rahmawati Universitas Negeri Semarang
  • Dyan Avriline Universitas Negeri Semarang
  • Binti Isrofin Universitas Negeri Semarang
Kata Kunci: Parenting, Psychoeducation,, Family Communication,, Parenting Style

Abstrak

Masyarakat di Kabupaten Semarang menghadapi berbagai tantangan dalam pengasuhan anak, termasuk rendahnya pemahaman terhadap pola asuh berbasis psikologi perkembangan dan lemahnya keterampilan komunikasi dalam keluarga. Menjawab permasalahan ini, dilaksanakan program pengabdian masyarakat bertajuk GEMBIRA (Gerakan Membangun Keluarga Bahagia dan Sejahtera) dengan pendekatan psikoedukatif. Kegiatan ini dilaksanakan melalui tiga tahapan utama: (1) analisis kebutuhan menggunakan survei dan Focus Group Discussion (FGD) untuk mengidentifikasi tantangan utama dalam pengasuhan; (2) pelaksanaan seminar, pelatihan komunikasi keluarga, dan pendampingan; serta (3) evaluasi program melalui survei pre-post test untuk mengukur perubahan pengetahuan dan keterampilan peserta. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan orang tua dalam menerapkan pola asuh yang positif dan komunikasi yang efektif dalam keluarga. Program ini juga berhasil membentuk komunitas belajar parenting yang berperan sebagai wadah keberlanjutan edukasi bagi masyarakat setempat. Implikasi dari program ini menegaskan pentingnya dukungan psikoedukatif dalam penguatan kapasitas keluarga. Rekomendasi diberikan agar model intervensi serupa dapat direplikasi di wilayah lain di Indonesia, sebagai strategi penguatan ketahanan keluarga dalam menghadapi tantangan pengasuhan di era modern.

Referensi

Berk, L. E. (2018). Development through the lifespan (7th ed.). Pearson.

Friedman, H. S. (2017). The role of community in parenting education. Journal of Community Psychology, 45(5), 678–690. https://doi.org/10.1002/jcop.21845

Gottman, J. M. (2011). The science of trust: Emotional attunement for couples. W. W. Norton & Company.

Hurlock, E. B. (2014). Developmental psychology: A lifespan approach (6th ed.). McGraw-Hill.

Katz, L. G., & McClain, K. (2019). Engaging families in early childhood education: A guide for practitioners. Routledge.

Patton, M. Q. (2018). Utilization-focused evaluation (4th ed.). Sage Publications.

Powell, D., & Dunlap, G. (2010). Family-focused intervention. In M. E. Snell & F. Brown (Eds.), Instruction of students with severe disabilities (7th ed., pp. 279–307). Pearson.

Rogers, C. R. (2018). On becoming a person: A therapist's view of psychotherapy. Houghton Mifflin Harcourt.

Santrock, J. W. (2019). Life-span development (17th ed.). McGraw-Hill Education.

Sheridan, S. M., Ryoo, J. H., Garbacz, S. A., Kunz, G. M., & Chumney, F. L. (2010). The efficacy of conjoint behavioral consultation. Journal of School Psychology, 48(6), 483–511. https://doi.org/10.1016/j.jsp.2010.09.001

Diterbitkan
2025-06-15
Bagian
Articles