OPTIMALISASI PEMASARAN MELALUI PEMBUATAN LOGO, KEMASAN, DAN MEDIA SOSIAL PADA HOME INDUSTRY KERIPIK TEMPE DI DESA MLINJON
Abstrak
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengoptimalkan pemasaran produk keripik tempe milik Industri Rumah Tangga Bu Rumini di Desa Mlinjon melalui pembuatan logo, desain kemasan, dan pemanfaatan media sosial. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pendekatan partisipatif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi visual. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa branding melalui logo dan kemasan baru berhasil meningkatkan daya tarik produk, sementara promosi digital melalui WhatsApp Business dan Facebook meningkatkan jangkauan pemasaran serta kesadaran merek. Kegiatan ini juga memberikan pemahaman baru kepada pemilik usaha mengenai strategi pemasaran digital dan pengelolaan pesanan secara berani. Dengan adanya kegiatan ini, terjadi peningkatan penjualan dan daya saing produk di pasar lokal. Program ini menunjukkan bahwa penguatan identitas visual dan pemanfaatan media sosial dapat menjadi strategi efektif untuk pengembangan usaha mikro. Diperlukan pendampingan lanjutan agar hasil pengabdian dapat berkelanjutan dan lebih optimal.
Referensi
Arrohmah, R. N. A., & Rum, M. 2022. Strategi Pengembangan Industri Keripik Tempe di Dusun Kedungprawan Desa Gendingan Kecamatan Widodaren Kabupaten Ngawi. AGRISCIENCE, Vol. 3, No. 1, hlm. 127–144.
Dita, D. J. A., Huda, S., & Utami, A. F. (2023). Branding produk UMKM Tempe Mendoan Cah Gombong melalui desain logo dan kemasan. SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 63–71. https://doi.org/10.56910/sewagati.v2i2.742
Kadi, D. C. A., Fauzi, R. U. A., & Purwanto, H. (2022). Labeling dan packaging sebagai strategi pemasaran UMKM keripik tempe Barokah Desa Garon Balerejo Madiun. WIRAKARYA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 50–54.
Lailla, N., Tarmizi, M. I., Hidayat, G., Zhafarina, A., & Rusdi, S. A. 2022. Spanduk Promosi dan Digital Marketing sebagai Strategi Pemasaran pada Home Industry Keripik Tempe Startoon. ALAMTANA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 3, No. 3, hlm. 174–176.
Mirnawati, & Amri, M. (2022). Penggunaan sosial media sebagai upaya untuk memaksimalkan pemasaran hasil UMKM keripik tempe di Desa Kambeng Kecamatan Slahung. ABDIMAS GALUH, 4(1), 102–117.
Pasaribu, M. H., Luviany, M., Aji, G. P., Apriani, R., Averro, F., Prahasti, M., ... & Damsyik, A. (2024). Optimalisasi Media Sosial untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Keripik Tempe di Desa Luau Jawuk, Kabupaten Barito Timur. NAWASENA: JOURNAL OF COMMUNITY SERVICE, 2(02), 1-7.
Pramaningsih, V., Suryawan, S. H., & Wahyuni, M. 2022. Media Online untuk Meningkatkan Pemasaran Tempe. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 6, No. 1, hlm. 37–42
Rahmanda, V. N. (2023). Strategi pemasaran produk tempe melalui digital marketing. Jurnal Kewirausahaan & Inovasi (JKWI), 1(1), 5–10. Retrieved from https://jurnalunived.com/index.php/JKWI
Rahmat, D., Nuryusuf, P., & Noviana, T. N. 2022. Optimalisasi Digital Marketing sebagai Strategi Pemasaran UMKM Pasca Pandemi Covid-19 di Desa Parungsueah Kabupaten Sukabumi. Magistrorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 3, No. 1, hlm. 12–23.
Riyanto, P. M. K., Farhani, D. A. D., Al Laili, N. Q., Prayoga, P., Ningtyas, R., & Khoiriyah, R. (2024). Pemasaran produk IKM kripik tempe “Putri Sekar Arum†berbasis digital marketing di Desa Ceweng Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang. Science Contribution to Society Journal (SCS), 4(1), 31–35. Retrieved from https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/scs
Septi, S., Meytha, I. M. A. E., Wagini, Mulyana, A., & Astuty, K. 2024. Optimalisasi Manajemen Produksi dan Pemasaran Tahu dan Tempe di Lingkungan Industri Kecil Menengah. Jurnal Dehasen Mengabdi, Vol. 3, No. 2, hlm. 99–104.
Swissia, P., & Halimah, H. (2023). Optimalisasi digital marketing dalam meningkatkan branding pada UMKM tempe mbah mul di Desa Purwotani. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(8), 5949-5956
Widiasmara, A., & Ubaidillah, M. 2023. Strategi Marketing dan Perluasan Relasi Usaha sebagai Upaya Peningkatan Kesejahteraan (UMKM Keripik Tempe Ketik Desa Tawangrejo Takeran Magetan). Prosiding Seminar Inovasi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (SIMBA) 5, Universitas PGRI Madiun.
Wijanarko, K. D., Sarwido, S., Sugiarti, M. I., Erdiyansyah, M. I., & Darnoto, D. (2022). Pemanfaatan digital marketing dan penerapan branding kemasan dalam pengembangan UMKM kripik tempe Saginah Desa Suwawal. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, 1(1), 89–91.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Penulis yang ingin memasukkan naskah untuk diterbitkan pada jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui poin-poin di bawah ini.
- Manuskrip yang diserahkan belum diterbitkan sebelumnya baik secara online maupun cetak.
- Manuskrip yang dikirimkan harus mengandung novelty yang baik. Minimal kebaruan referensi adalah 80% dari total referensi yang digunakan.
- Topik manuskrip harus sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Penulisan manuskrip telah disesuaikan dengan panduan penulisan yang ditentukan oleh Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Abstrak dan kata kunci disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam pengisian metadata penyerahan manuskrip.
- Referensi yang digunakan 75% harus berasal dari sumber primer (jurnal) dan 25% sumber sekunder (buku, majalah, koran, website, dll).