ALTERNATIF STRATEGI PEMASARAN BAWANG PUTIH DI KECAMATAN TAWANGMANGU
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal apa saja yang berpengaruh terhadap pemasaran bawang putih pada kelompok tani Ngudi Rejeki di Kecamatan Tawangmangu. Metode penentuan sampel yaitu purposive sampling dengan teknik snowball dan jumlah sampel 8 responden kunci. Faktor yang dianalisis yaitu manajemen SDM, produksi, pemasaran, pemerintah, pesaing, konsumen, sosial budaya serta teknologi informasi. Metode analisis yang digunakan adalah IFE, EFE, dan Matriks SWOT. Hasil analisis menunjukkan beberapa alternatif strategi yang dapat dilakukan adalah menjaga dan meningkatkan kualitas bawang putih yang dihasilkan, mengoptimalkan lembaga kelompok tani untuk membangun sistem dengan konsumen tanpa perantara, optimaliasasi peran penyuluh dan pemerintah dalam pengembangan dan pemasaran bawang putih, menjaga kepercayaan konsumen dengan manajemen kelompok tani yang baik, dan pemanfaatan teknologi secara optimal seperti bekerjasama dengan e-commerce pertanian.