PUSAT EDUWISATA PERTANIAN MODERN DI PACITAN YANG ATRAKTIF DAN REKREATIF DENGAN PENERAPAN ARSITEKTUR ORGANIK

  • Suci Ratnasari Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Danarti Karsono Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Tri Hartanto Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
Keywords: Regenerasi Petani, Pacitan, Eduwisata, Pertanian Modern, Arsitektur Organik

Abstract

Dalam mengoptimalkan program pembangunan tanaman pangan dan hortikultura, tenaga kerja berperan penting. Tenaga kerja pertanian di Jawa Timur sebesar 18,63% dari tenaga kerja pertanian nasional. Jumlah tersebut hanya mampu memberikan kontribusi PDRB Jawa Timur tahun 2014 sebesar 13,73%. Kabupaten Pacitan merupakan salah satu Kota di Jawa Timur yang pembangunannya bertumpu pada pertanian. Namun sektor pertanian di sana juga tidak  luput dari masalah regenerasi petani. Usia petani di Kabupaten Pacitan yang di dominasi usia 50 tahun  ke atas mencapai angka 76%. Bagi anak muda di pedesaan sektor pertanian  tidak menarik, selain terlihat tidak menjanjikan secara ekonomi, namun yang lebih berpengaruh lagi adalah karena adanya subkultur baru yang berkembang di era digital saat ini. Edukasi pertanian melalui wisata edukasi atau eduwisata dipercaya merupakan salah satu cara terbaik dalam memperkenalkan ilmu dan pengetahuan di bidang pertanian kepada semua kalangan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah suatu konsep perencanaan dan perancangan arsitektur bangunan pusat eduwisata pertanian modern yang atraktif dan rekreatif di Kabupaten Pacitan.

References

. Badan Pusat Statistik Kabupaten Pacitan, 2022. Kabupaten Pacitan Dalam Angka 2022. Pacitan: Badan Pusat Statistik.

. Budiarti, T., Suwarto, I. Muflikhati. 2013. Pengembangan Agrowisata Berbasis Masyarakat pada Usahatani Terpadu Guna Meningkatkan Kesejahteraan Petani dan Keberlanjutan Sistem Pertanian. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia. 18(3): 200- 207.

. Ching, Francis D.K. (2008). Arsitektur: Bentuk, Ruang, Dan Tatana Edisi Ketiga. Erlangga. Jakarta.

. Gibson, H. (1998) The educational tourist. Journal of Phvsical Education. Recreation and Dance, 69 (4),32-34.

. Holdnak, A., & Holland, s. (1996) Edutourism: vacationing to learn: Parks and Recreation, 72-75.

. IRRI, 2004. IRRI’s Environmental Agenda. An approach towards sustainable development. IRRI, Los Banos, Philippines.

. Prastanti, Aji Novia. 2015. ‘Pemanfaatan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sebagai Objek Wisata Edukatif di Desa Sukoharjo Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati’. Jurnal Edu Geography. Semarang: Fakultas Ilmu Sosial UNNES.

. Rabaniyah, Rohmanti. 2014. Diktat Perkuliahan Dasar-Dasar Agronomi. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

. Sharma, Anukrati. 2015. Educational Tourism : Strategy for Sustainable Tourism Development with reference of Hadauti and Shekhawati Regions of Rajasthan, India.

. Susilowati, S. H. (2016a). Femomena Penuaan Petani dan Berkurangnya Tenaga Kerja Muda serta Implikasinya bagi Kebijakan Pembangunan Pertanian. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 34(1), 35–55.

. Susilowati SH, Purwantini TB, Hidayat D, Maulana M, Ar-Rozi AM, Yofa RD, Supriyati, Sejati WK. 2012. Panel petani nasional (Patanas): Dinamika Indikator pembangunan pertanian dan perdesaan. Laporan Akhir Penelitian. Bogor (ID): Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian.

. Suyanto B. 2016. Kenapa Generasi Muda Enggan Bertani? Memahami Subkultur Dan Gaya Hidup Anak Muda Dari Perspektif Cultural Studies. Bahan Pertemuan Upaya Meningkatkan Minat Generasi Muda terhadap Pertanian; 2016 Feb 23; Bogor, Indonesia. Bogor (ID): Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Informasi.

. Wright, Lloyd Frank. 2016. Frank Lloyd Wright on Architecture, Nature and the Human Spirit: A Collection of Quotations. New York: Galison.

. Wang JH. 2014. Recruiting young farmers to join small scale farming: a structural policy perspective. FFTC-RDA 2014 International Seminar on Enhanced Entry of Young Generation into Farming; 2014 Oct 20-24; Jeonju, Korea.

. Wood, M. E. (2002). Ecotourism: Principles, Practices & Policies for Sustainability. United Environmental Programme Division of Technology, Industry and Economincs and The International Ecotourism Society. Paris.

. Himaartra.petra.ac.id, “Organic Architecture”, Diakses pada 4 April 2022, dari http://himaartra.petra.ac.id/organic- architecture/

. Jatim.bpk.go.id, “Kabupaten Pacitan”. Diakses pada 18 Maret 2022, dari https://jatim.bpk.go.id/kabupaten-pacitan/

. Pacitankab.go.id, “Dorong Generasi Muda Menjadi Petani Milineal”. Diakses pada 14 Maret 2022, dari https://pacitankab.go.id/dorong-generasi- muda-menjadi- petani-milineal/

. Pacitankab.go.id, “Kodisi Fisik Wilayah Pacitan”. Diakses pada 18 Maret 2022, dari https://pacitankab.go.id/geografis/

Published
2023-04-13
Section
Articles