PUSAT PENGOLAHAN SAMPAH YANG REKREATIF DAN EDUKATIF MENUJU MADIUN SMART CITY

  • Merista Nurdila Haryanti Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Ismadi Ismadi Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Rully Rully Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
Keywords: Pengolahan Sampah, Rekreatif, Edukatif, Madiun, Kota Pintar

Abstract

Mulai tahun 2019, Kota Madiun dengan kepemimpinan Drs. H. Maidi, SH., MM., M.Pd., gencar membangun Madiun menuju smart city sesuai ajakan Kominfo dalam menciptakan 100 smart city (kota pintar) di Indonesia. Kini Madiun mampu berkembang menjadi kota pariwisata (smart branding) dengan tagline Kota Karismatik, Kota Pendekar ataupun Kota Pecel. Kemajuan positif ini selain membawa dampak positif juga membawa dampak negatif, salah satunya yaitu peningkatan jumlah sampah. Peningkatan jumlah sampah tidak diimbangi dengan  proses pengolahan sampah yang baik, sehingga membuat TPA Winongo menjadi overload. Selain usaha-usaha yang sudah dilakukan, kini Pemkot Madiun mencoba gebrakan baru yaitu dengan menggandeng dua investor, PT. Guna Olah Limbah dan PT. Reciki Solusi Indonesia, untuk ikut membantu menyelesaikan permasalahan tersebut. Madiun membutuhkan adanya suatu tempat yang akan digunakan untuk mewadahi kegiatan pengolahan sampah. Permasalahan dari penelitian ini adalah konsep desain pusat pengolahan seperti apa yang cocok untuk Kota Madiun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan konsep perencanaan dan perancangan arsitektur bangunan pusat pengolahan sampah bagi Kota Madiun untuk menunjang keefektifan kinerja menuju smart city. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian yang telah didapatkan adalah suatu konsep perencanaan dan  perancangan arsitektur bangunan pusat pengolahan sampah yang rekreatif dan edukatif menuju Madiun smart city.

References

. Damanhuri, Enri dan Padmi, Tri. (2010). Pengelolaan Sampah Edisi Semester I – 2010/2011. Bandung: Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan Institut Teknologi Bandung.

. Francis J. Geck, M.F.A, Interior Design and Decoration, (New York: WM. G. Briwn Company Publisher, 1984).

. Justice, Ronald. 2021. Konsep Biophilic dalam Perancangan Arsitektur. Departemen Arsitektur Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro. Semarang.

. Pemerintah Kota Madiun, Buku 2 : Master Plan Smart City Kota Madiun 2019-2024, h.178-180.

. Ristanto, Hengky. 2022. TPA Winongo Nyaris Overload, Pemkot Madiun Siapkan TPST. https://radarmadiun.jawapos.com/berita- daerah/madiun/14/03/2022/tpa-winongo- nyaris-overload-pemkot-madiun-siapkan- tpst/amp/ (diakses pada 15 Maret 2022).

. Stevani, Louis Rika. 2019. Sampah Kota Madiun Makin Banyak. https://www.antaranews.com/berita/792841/sampah-kota-madiun-makin-banyak (diakses pada 17 Maret 2022).

Published
2023-04-13
Section
Articles