PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN ATLET PENYANDANG DISABILITAS DI KARANGANYAR

  • Kunthi Cintya Anjani Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Danarti Karsono Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Tri Hartanto Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
Keywords: Olaharaga, Disabilitas, Fasilitas, Aksesibilitas

Abstract

Manfaat olahraga bagi penyandang disabilitas adalah sebagai kesempatan untuk berubah, kesempatan untuk memfasilitasi potensi mereka bagi integrasi sosial, meningkatkan kebugaran, dan mempromosikan kemampuan diri, yang mengarah pada peningkatan harga diri dan meningkatkan nasib diri sendiri. Selain untuk menjaga kesehatan pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani yang dilakukan secara teratur maupun hanya dalam waktu luang, olahraga juga dapat dijadikan sebagai ajang meraih prestasi. Dalam bidang olahraga penyandang disabilitas juga diberikan hak yang sama dalam olahraga sehingga dapat meraih prestasi yang dibanggakan, meskipun mempunyai keterbatasan tetapi tidak menjadi halangan bagi seseorang untuk berprestasi dengan perolehan mendali. Namun sejauh ini fasilitas yang diberikan masih kurang ramah untuk memenuhi kebutuhan penyandang disabilitas maka perlu adanya wadah untuk mendukung kegiatan olahraga bagi atlet penyandang disabilitas dengan aksesibilitas yang ramah.

References

. Aisyah, D. (2018). Bullying atlet difabel dalam mengikuti olahraga panahan di daerah istimewa yogyakarta tugas akhir skripsi.

. Bappeda Kabupaten Karanganyar. (2015). Profil Kabupaten Karanganyar RPI2JM Bidang Cipta Karya Kabupaten Karanganyar Tahun 2015, 1–21.

. Giriwijoyo, S. (2013). Ilmu Kesehatan Olahraga, Untuk Kesehatan Dan Prestasi Olahraga. Bandung?: Fakultas Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan UPI.,13– 78.

. Hasrydha. (2018). Evaluasi Aksesibilitas Difabel Di Anjungan Pantai Losari Kota Makassar Tugas.

. Ikram, F. M. (2019). Fasilitas Olahraga Bagi Atlet Penyandang Disabilitas Di Kabupaten Pemalang. http://lib.innes.ac.id/id/eprint/35762.

Published
2023-04-18
Section
Articles