PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN BERKUDA DI KARANGPANDAN DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR MODERN

  • Arfian Wahyu Pratama Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Eny Krisnawati Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Bamban Yuuono Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
Keywords: Pendidikan dan Pelatihan Berkuda, Edukatif, Rekreatif

Abstract

Aspirasi dari masyarakat, wakil rakyat, dan berbagai kalangan pecinta olahraga berkuda di Kabupaten Karanganyar sangat menghendaki dibangunnya pendidikan dan pelatihan berkuda dan fasilitas pacuan kuda guna meningkatkan kualitas para atlit lokalnya. Untuk itu pemerintah daerah telah memprogramkan pembangunan Pacuan Kuda di Karangpandan, Karanganyar. Permasalahannya adalah bagaimana mengembangkan arena berkuda yang sudah ada menjadi Pusat Pendidikan dan Pelatihan Berkuda yang edukatif dan rekreatif? Tujuan penelitian Mewujudkan konsep perencanaan dan perancangan desain kawasan arena berkuda di Karangpandan menjadi Pusat Pendidikan dan Pelatihan Berkuda di Karangpandan yang edukatif dan rekreatif dengan pendekatan Arsitektur Modern. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif, analitis dan sintesis. Hasil penelitian telah mendapatkan suatu konsep perencanaan dan perancangan arsitektur bangunan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Berkuda di Karangpandan yang bersifat edukatif dan rekreatif.

References

. Ananda, Riski (2018), “Redesain Arena Pacuan Kuda Nyi Ageng Serang Ngargotirto Kabupaten Sragen Sebagai Wahana Rekreasi Dan Edukasi Dengan Pendekatan Arsitektur Bioklimatik”

. Banham, Rayner (1978) “Age of The Master : A Personal View of Modern Architecture”

. Saraswati, Annisa (2020) “Redesain Gelanggang Pacuan Kuda Tegalwaton, Kabupaten Semarang Dengan Pendekatan Sustainable Architcture”

. Ahsa (2019) “Materi Olahraga, Olahraga Berkuda: Sejarah, Teknik, Peraturan, Ukuran Lapangan”

. Dewanto, Andrian Wangsit ., Suryokusumo, Beta., & Yatnawijaya, Bambang (2017) “ Perancangan Arena Pacuan Kuda di Tangerang Selatan dengan Pendekatan Estetika Struktur”, Jurnal Mahasiswa Jurusan Arsitektur Brawijaya

. Bustamil.arch (2011) “Periode Perkembangan Sejarah Arsitektur Modern Dan Postmodern Dunia”

. PP PORDASI No.05/A/PP/KP/2003 tentang Peraturan Pacuan dan Petunjuk Pelaksanaan Kejuaraan Nasional Pacuan Kuda

. Nangoy, Windy M., Wuisang, Cynthia E. V., Hendriek H. Karongkong (2017) “Re-design Fasilitas Olahraga Berkuda Di Tompaso Minahasa. Organic Architecture”, Jurnal Arsitektur

. Gian Wahyu Riyadi, L. M. (2019) “Penerapan Arsitektur Modern Pada Bangunan”, Jurnal Arsitektur PURWARUPA Volume 3 No 2, pp. 101-106, 3, 137-142

. Mantovani, Candra (2020) “ Soloraya, Wow! Karanganyar Punya Wisata Berkuda, Ini Lokasinya” https://www.solopos.com/wow-karanganyar-punya-wisata-berkuda-ini-lokasinya-1077118 (17 maret 2022)

. Firmansyah, Agus. “Sejarah dan Perkembangan Olahraga di Indonesia” (online), (https://guesfirmansyah.wordpress.com/sejarah-dan-perkembangan-olahragadi-indonesia/, diakses tanggal 17 Maret pukul 20.00 WIB).

. Fadriana, Andrie. 2015. “Berkuda Ketegori Eventing/Trilomba” (online), (http://kumpulan-olahraga.blogspot.co.id/2015/02/berkuda-ketegorieventingtrilomba.html, diakses tanggal 19 Maret 2022 pukul 21.00 WIB)

. Wisnu. 2015. “KOI: Pembinaan Equestrian di Indonesia” (online), (http://www.aktual.com/koi-pembinaan-equestrian-di-indonesia-tetap-ditangan-efi/, diakses tanggal 19 Maret 2022 pukul 20.15 WIB)

. Warnock, Matt. 2009. “A New Favourite Worth Backing” (online), (http://www.constructionweekonline.com/article-7254-a-new-favouriteworth-backing/2/, diakses tanggal 19 Maret 2022 pukul 19.00 WIB)

Published
2023-04-18
Section
Articles