BANDARA DEWADARU KARIMUNJAWA BERPENDEKATAN ARSITEKTUR HI-TECH

  • Aris Tri Haryono Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Bamban Yuuwono Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Eny Krisnawati Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
Keywords: Bandara, Karimunjawa, Arsitektur Hi-tech

Abstract

Pemprov. Jawa Tengah sangat gencar mengenalkan potensi wisata yang ada di daerahnya, salah satu wisata andalan di Jawa Tengah adalah wisata bahari yang berada di Kepulauan Karimunjawa. Pulau Karimunjawa saat ini dikembangkan menjadi pesona wisata Taman Laut yang banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara. Seiring berkembangnya pariwisata di karimunjawa maka meningkat pula pembangunan infrastruktur di bidang transportasi yang dapat menunjang kegiatan tersebut. Bandara Dewadaru merupakan salah satu sarana transportasi udara yang tersedia di Kepulauan Karimunjawa. Sarana dan prasarana yang terdapat di Bandara Dewadaru saat ini belum dapat memenuhi kebutuhan penumpang pesawat, baik untuk kebutuhan keamanan, keselamatan maupun kenyamanan. Pada penelitian ini dilakukan perancangan Bandara Dewadaru yang dapat menunjang pelayanan transportasi udara dan mobilitas pariwisata kepada penumpang dengan kapasitas maksimal pada jam sibuk saat musim liburan di kepulauan karimunjawa. Konsep yang diterapkan pada Bandara Dewadaru sesuai dengan perkembangan teknologi pada bangunan.

References

. Suharno, Hadi. 2016. Manajemen Dan Perecanaan Bandar Udara. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

. Sartono, Wardhani dkk. 2016. BandarUdara. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

. Davies, Colin. 1988. High Tech Architecture. London : Thames and Hudson.

. Kron, Joan. 1978. High Tech: The Industrial Style and Source Book for The Home. New York : C. N. Potter.

. Suraji, dkk. 2015. Profil Kawasan Konservasi Provinsi Jawa Tengah. Jakarta: Direktorat Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan Direktorat Jenderal Kelautan, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, Kementerian Kelautan dan Perikanan,

. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreati. 2020. Data Kunjungan Wisatawan Mancanegara, diakses dari http://www.kemenparekraf.go.id/index.php/categories/statistik-wisatawanmancanegara, pada 3 Maret 2020.

. CNNindonesia.com. 2017. Karimunjawa Diproyeksikan Menjadi Destinasi Wisata Minat Khusus, diakses dari https://www.cnnindonesia.com/gayahidup/ 20170403142020-307-204579/karimunjawa-diproyeksikanmenjadi-destinasi-wisata-minat-khus, pada 3 Maret 2020.

. DIREKTORAT JENDERAL PERHUBUNGAN UDARA, menterian Perhubungan Republik Indonesia. 2019. Data Bandar Udara, diakses dari http://hubud.dephub.go.id/website/BandaraDetail.php?id=103 , pada 3 Maret 2020.

. Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan, Kabupaten Jepara. 2020. Statistik Kunjungan Wisatawan, diakses dari https://disparbud.jepara.go.id/2020/01/statistik-kunjungan-wisatwan-2019/, pada 3 Maret 2020.

. DIREKTORAT JENDERAL PERHUBUNGAN UDARA, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. 2019. Pengertian, Peran Dan Fungsi Bandar Udara, diakses dari http://hubud.dephub.go.id/website/Bandara.php, pada 3 Maret 2020.

. Wikipedia. 2020. Kepulauan Karimunjawa, diakses dari https://id.wikipedia.org/wiki/Kepulauan_Karimunjawa, pada 3 Maret 2020.

Published
2023-04-18
Section
Articles