PENGEMBANGAN WISATA ROWO JOMBOR KLATEN YANG REKREATIF DENGAN PENEKANAN PADA ARSITEKTUR EKOWISATA

  • Nuky Candra Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Abito Bamban Yuuono Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Eny Krisnawati Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
Keywords: Klaten, Wisata, Rawa, Jombor, Pengembangan, Ekowisata

Abstract

Kabupaten Klaten berpeluang menjadi pusat pariwisata, ekonomi dan jasa. Kabupaten Klaten juga telah mengembangkan objek wisata dan potensi wisata, sekitar 123 objek wisata telah dikembangkan di Kabupaten Klaten. Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Klaten mencatat, jumlah kunjungan wisata ke Klaten tahun 2022 mencapai 4.837.799 wisatawan. Pemerintah Pusat mengalokasikan anggaran sebesar Rp 22,5 miliar untuk revitalisasi Rawa Jombor. Metode yang digunakan yaitu mendeskriptifkan perancangan Pengembangan Wisata Rowo Jombor Klaten Yang Rekreatif Dengan Penekanan pada arsitektur Ekowisata secara tidak terukur (kualitatif), selanjutnya menguraikan ke dalam bagian-bagiannya untuk dikaji masing-masing dan dicari keterkaitannya (analisis), hasil pembahasannya dipadukan (sintesis) sebagai konsep perencanaan dan perancangan wadah kegiatan tersebut. Semakin tinggi tingkat inovasi sarana dan prasarana pada objek wisata semakin tinggi pula tingkat kepuasan pengunjung. Maka perlu dilakukan evaluasi lebih mendalam supaya Rowo Jombor dapat dikembangkan menjadi tujuan wisata yang menarik. Pengembangan dari wisata ataupun bangunan yang sudah terdapat di Rowo Jombor menjadi bangunan dan wisata yang lebih menarik dan memiliki fasilitas yang memadai yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar dan memajukan SDM terhadap sektor pariwisata khususnya di wilayah Rowo Jombor Klaten.

References

. Alikodra, H. S. 2012. Konservasi, Sumberdaya Alam dan Lingkungan. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

. Alisyahbana, S. A. Kementrian Perencanaan Nasional / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. 2011 “ Arah Kebijakan Pembangunan Nasional dalam Menunjang Pariwisata Daerah”. Disampaikan pada Konferensi Pariwisata Nasional. Jakarta.

. ARSIP Jurnal Arsitektur, Vol. 2, No.2, November 2022: 1-12 - FLOATING TOURISM DESIGN WITH ECOTURISM ARCHITECTURAL APPROACH PERANCANGAN WISATA APUNG DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR EKOTURISME.

. Ching, Francis D.K, (2000), Arsitektur: Bentuk, Ruang dan Tatanan, edisi ke2. Jakarta: Erlangga.

. Data Draft Buku Pariwisata Jawa Tengah Dalam Angka Tahun 2020 ini bersumber dari Bidang teknis di Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah, Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah, PT Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Adi Sumarmo Solo, PT Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Ahmad Yani Semarang, Kantor Syahbandar dan Otorita Pelabuhan Tanjung Emas Semarang serta kalangan industri pariwisata di Provinsi Jawa Tengah dan pihak-pihak yang terkait dengan kepariwisataan di Jawa Tengah.

. Frick, Heinz. (2004). Ilmu Konstruksi Bangunan Bambu: Pengant ar Konstruksi Bambu. Kanisius. Yogyakarta

. Jurnal Arsitektur PURWARUPA Volume 2 No 2 September 2018: 19-24

. JURNAL ARSITEKTUR TERACOTTA - Konsep Ekowisata Dalam Perancangan Resort di Kabupaten Ciamis.

. JURNAL ARSITEKTUR TERACOTTA - Konsep Arsitektur Rekreatif Dalam Perancangan Perpustakaan Di Kota Baru Parahyangan (KBP) Kabupaten Bandung Barat

. Maurina, A. Sari,Wulani E. Krisanti. Adhisaksana,Jati. (2013). (Komparasi Penggunaan Material Bambu Dalam struktur ‘FormActive’ Dan ‘Semi – Form - Active’Pada Bangunan Lengkung Bentang Lebar.

. Neufert, Ernst, (2002), Data Arsitek Jilid I Edisi 33, Terjemahan Sunarto Tjahjadi, PT. Erlangga, Jakarta.

. Neufert, Ernst, (2002), Data Arsitek Jilid II Edisi 33, Terjemahan Sunarto Tjahjadi, PT. Erlangga, Jakarta.

. Otto, Frei. (1985). IL 31 Bambus Bamboo. Stuttgart: Institure for Lightweigt Structure.

. https://klatenkab.go.id/revitalisasi-rowo-jombor-diharapkan-rampung-2022/

. https://travel.kompas.com/read/2021/06/18/160400927/wisata-rowo-jombor-klaten-akan-direvitalisasi-mulai-16-juli-2021?page=all

Published
2023-10-11