SEKOLAH ALAM DI KABUPATEN KARANGANYAR DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR TROPIS

  • Farhan Saiful Amri Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Eny Krisnawati Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
Keywords: sekolah alam, lansekap, arsitektur tropis, pendidikan, Karanganyar

Abstract

Fenomena anak zaman sekarang yang kurang mengenal dan berinteraksi dengan alam sekitar membuat kepekaan sosial maupun terhadap diri sendiri kurang. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang cepat sehingga adaptasi terhadap teknologi membuat interaksi dengan lingkungan sekitarnya menjadi kurang. Interaksi di lingkungan sekolah pun juga kurang akibat dari perkembangan teknologi yang kita tidak siap dalam mengelolanya. Proses belajar mengajar pun juga dapat dilakukan di luar ruangan atau lingkungan sekitar, yang mana kita dapat mengambil pelajaran dan mengerti bagaimana alam bekerja karena kita merupakan bagian dari alam tersebut. Oleh karena itu, penting adanya sekolah yang secara formal maupun informal mengenalkan lingkungan sekitar bagi peserta didik agar dapat menjadi pribadi yang peka dan mengenal alam lingkungan sekitarnya. Sekolah alam merupakan alternatif untuk belajar dan mengenal lingkungan sekitar, sehingga peserta didik dapat menumbuhkan interaksi dengan lingkungan sekitar dan belajar dari lingkungan alam tersebut. Kabupaten Karanganyar cocok untuk dibangun sekolah alam karena mendukung lingkungan yang memadai sebagai sekolah alam yang menekankan konsep lansekap. Kabupaten Karanganyar juga memiliki iklim tropis sehingga menggunakan konsep arsitektur tropis untuk bangunan sekolah alam di Kabupaten Karanganyar.

References

S. F. N. Fitri, “Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia,” vol. 5, no. 1, pp. 1617–1620, 2021.

P. A. Rizkianti, M. Asbari, N. P. Priambudi, and S. A. J. Asri, “Pendidikan Indonesia Masih Buruk,” vol. 3, no. 2, pp. 35–38, 2024.

Ananda, Mutya, Ahmad Suriansyah, Wahdah Refia Rafianti. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Pembentukan Identitas Diri pada Generasi Z”. vol. 2, no. 4, pp. 2279-2289, 2024.

Rusli, Tiffany Shahnaz, Rosmalina Kemala, Ranti Nazmi. Pendidikan Karakter Gen Z. Tips dan Trik Mendidik Karakter Gen Z Bagi Pendidik. Kota Jambi. Sonpedia Publishing Indonesia, 2024

Sulastri, Astri, Fany Octaviany, Cucu Atikah. “Analisis Pendidikan Karakter pada Gen Z di Era Digital”. vol. 5, no. 6, pp. 2372-2378, 2023

A. Triyono, “Pendidikan Karakter pada Sistem Boarding School,” Jurnal Kependidikan, vol. 7, no. 2, pp. 251–263, Nov. 2019, doi: 10.24090/jk.v7i2.3085.

I. K. Ningrum and Y. I. Purnama, Sekolah Alam. Jombang: Kun Fayakun, 2019.

S. Fariyani et al., “Pendidikan Sekolah Alam di Desa Berbura,” vol. 1, no. 2, pp. 92–96, 2021.

C. R. S. Rini and H. A. Rigianti, “Implementasi Metode Pembelajaran Berbasis Alam Untuk Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Di Jogja Green School,” vol. 7, no. 2, pp. 265–274, 2023.

Kristina, Marilin, Ruly Nadian Sari, Dwi Puastuti. “Implementasi Kurikulum Sekolah Alam dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik di Sekolah Alam Al Karim Lampung”. vol. 5, no. 2, 2021

N. A. Setiawati, “Implikasi Metode Belajar Bersama Alam Di School Of Universe,” Continuous Education: Journal of Science and Research, vol. 1, no. 1, pp. 36–42, Dec. 2020, doi: 10.51178/ce.v1i1.2.

A. M. Saliim and A. F. Satwikasari, “Kajian Konsep Desain Arsitektur Tropis Modern Pada Bangunan Rusunawa Kota Madiun,” PURWARUPA Jurnal Arsitektur, vol. 6, no. 2, p. 1, Oct. 2022, doi: 10.24853/purwarupa.6.2.1-6.

L. Aprilia and S. Trihantoyo, “Pembelajaran Berbasis Alam Dalam Membentuk Karakter Siswa Cinta Lingkungan Dan Berbasis Religi Islami Di Jenjang Sd Sekolah Alam Al-izzah Krian,” vol. 6, no. 2, pp. 1–8, 2018.

D. Kusumowardani, “Penerapan Arsitektur Tropis dalam Era New Normal,” Jurnal Desain Interior, vol. 6, no. 1, p. 1, Jun. 2021, doi: 10.12962/j12345678.v6i1.9640.

Faqriyah, Siti Nabila, Theresia Pynkyawati, Ratu Sonya Mentari H. “Penerapan Arsitektur Modern Tropis pada Sekolah Menengah Kejuruan Pariwisata Mentari di Cibabat, Cimahi Utara”. vol.3, no. 1, pp. 292-297, 2023

Published
2025-04-29
Section
Articles