DAMPAK SOCIAL MEDIA DAN WORD OF MOUTH MARKETING TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK AYAM GEPREK 26 DI MOJOLABAN SUKOHARJO

  • Arti Latifah Husna UTP SURAKARTA
  • Sri Wijiastuti UTP SURAKARTA
  • Muhammad Nurhadi Sulistiyono UTP SURAKARTA

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1)Untuk menguji dan menganalisis pengaruh social media terhadap minat beli konsumen pada produk Ayam Geprek 26  di Mojolaban Sukoharjo. (2)Untuk menguji dan menganalisis pengaruh social media terhadap Word of Mouth Marketing pada produk Ayam Geprek 26  di Mojolaban Sukoharjo.(3)Untuk menguji dan menganalisis efek mediasi Word of Mouth Marketing terhadap social media pada minat beli konsumen pada produk Ayam Geprek 26  di Mojolaban Sukoharjo.

Penelitian dilakukan di Rumah Makan Ayam Geprek 26 yang berlokasi di Jalan Mayor Achmadi, Desa Cangkol, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo. Populasi adalah konsumen pada Rumah Makan Ayam Geprek 26 Mojolaban yang berjumlah kurang lebih 50 konsumen yaitu dihitung dari konsumen/ pelanggan yang datang per harinya. Dengan Tabel Krejcie diperoleh sampel sebanyak 44 konsumen/ pelanggan.

Hasil penelitian disimpulkan bahwa sosial media berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli konsumen. Pengaruh sosial media terhadap minat beli konsumen. ini kemudian menjadi tidak signifikan ketika dimasukan variabel word of mouth marketing dalam persamaan/ model. Hal ini menunjukkan adanya efek full mediasi dari word of mouth marketing terhadap minat beli konsumen.

Kata kunci:

Social Media, Word Of Mouth Marketing, Minat Beli Konsumen

Published
2021-08-02